Isi Jerawat dan Cara Mengatasinya

Isi jerawat dan cara mengatasinyaIsi Jerawat dan Cara Mengatasinya - Sejak dahulu masalah jerawat sudah lama di perbincangkan khususnya dari kalangan remaja dan wanita. Jerawat memang bikin gawat, bukan karena mengancam jiwa namun kehadirannya selalu bikin tidak percaya diri dan membuat muka tampak kotor.

Munculnya jerawat di pengaruhi ada banyak faktor termasuk makanan pendukung yang bisa membuat jerawat muncul. 5 makanan ini bisa merangsang timbulnya jerawat, oleh karena itu lebih baik di kurangi atau tidak sama sekali.

Isi Jerawat

Jerawat bisa muncul di beberapa bagian tubuh seseorang seperti wajah, punggung, bahu dan sekitar perut. Banyak macam jerawat yang muncul di permukaan kulit seseorang, ada sekitar sebelas jenis jerawat yang bisa kita ketahui.

Macam macam Jerawat

1. Whiteheads

2. Papules

3. Blackheads
 
4. Pustules

5. Nodules

6. Cysts

7. Fulminans

8. Mechanica 

9. Rosacea

10. Conglobata

11. Pyoderma faciale

Seseorang yang berjerawat cenderung ingin memencet jerawatnya dengan harapan bisa kempis kembali dan bersih dari jerawat. Namun apa yang terjadi? bisa jadi jerawat tersebut makin parah dan membesar.

Memang sebagian jerawat kalau sudah muncul putih di ujung jerawat bisa di pencet dan akan keluar isi jerawat tersebut, namun kadang timbul semacam cekungan bekas jerawat dan hal itu rawan di hinggapi kotoran lain lagi, akhibatnya bisa muncul jerawat lagi jika kita tidak rajin membersihkannya.

Sebenarnya apa sih isi jerawat itu ? pernahkah kita memikirkannya? Isi jerawat yang jika kita pencet berwarna putih itu adalah sekresi dari sebum. Lemak hasil sekresi itu berwarna putih dan kadang menggumpal, lemak yang berlebih akan tertimbun di balik kulit dan membentuk benjolan yang di sebut jerawat sehingga menutupi pori pori.

Beda Bentuk Jerawat Beda pula Komponen Isinya

Dari banyak jenis jerawat di atas, jika di pencet ada yang bisa keluar isi di dalamnya namun ada juga yang tidak bisa keluar karena jaringan kulit yang meradang dan membesar terlalu ke dalam, solusinya adalah jangan di pencet dan konsultasikan ke dokter ahli agar mendapatkan perawatan secara medis dengan benar, dan jangan ambil resiko!

Beda bentuk jerawat dan beda pula komponen isinya maksudnya jika jerawat yang bisa di pencet keluar isinya itu tergantung dari jenis jerawat tersebut. Misalkan, berbentuk strip saat di pencet, kalau hal ini yang terjadi bisa jadi itu adalah lemak yang berupa sebum dan bakteri, kebanyakan jerawat kecil banyak mengandung tungau.

Ada juga saat di pencet muncul dalam bentuk cairan putih yang bernama asam lemak, terjadi karena sebum yang sekresi secara berlebihan hingga mengakhibatkan kelenjar sebaceous yang lebih kuat, hal ini bisa terjadi namun akan membentuk jerawat yang lebih besar.

Menyembuhkan Jerawat

Banyak sekali cara yang di lakukan seseorang untuk bisa sembuh dari jerawat mulai dari perawatan atau pengobatan herbal sampai dengan pengobatan medis atau menggunakan produk tertentu. Sebenarnya segala jenis jerawat bisa di kontrol dengan menjaga pola hidup kita.

Tinggal kita memilih pola hidup yang bagaimana yang kita terapkan? yang jelas pola hidup sehat adalah pilihan terbaik. Memang awalnya susah dalam menerapkan hal ini apalagi sudah sejak lama tidak mengenal atau bahkan makan dengan sembarangan.

Tetapi jika di dasari dengan niat yang kuat pasti akan berubah kehidupan kita menjadi lebih baik, begitu pula dengan masalah ringan mengenai jerawat yang muncul di wajah.

Minimal ada tiga hal penting yang harus di lakukan untuk mengatasi jerawat dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat

1. Pilihlah pola makan yang cukup dengan tidak mengkonsumsi makanan yang serba asin, perbanyak makanan sayur dan buah segar dan jangan lupa banyak minum air mineral.

2. Rajinlah membersihkan wajah, bila perlu gunakan scrup atau pembersih wajah yang khusus untuk kulit muka, sesuaikan pula dengan jenis kulit wajah Anda. Waktu sebelum tidur dan setelah keluar rumah adalah waktu yang tepat untuk membersihkan wajah dari segala kotoran yang menempel.

3. Jika sudah terlanjur berjerawat, lebih baik konsultasikan ke dokter ahli agar mendapat perawatan dan penanganan khusus agar tidak muncul kembali.

Itulah sekilas mengenai isi jerawat dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga