Makanan Yang Baik Dan Buruk bagi Penderita Diabetes

Makanan yang baik dan buruk bagi penderita diabetesMakanan Yang Baik Dan Buruk bagi Penderita Diabetes - Bagi penderita diabetes sangat tidak di anjurkan konsumsi makanan sembarangan, jika salah bisa jadi kadar gula darah tambah naik akhibatnya lebih beresiko lagi, oleh karena itu sebaiknya di ketahui jenis makanan apa yang harus di konsumsi dan makanan apa yang harus di hindari.

Apa sajakah resiko yang bakal terjadi jika kadar gula darah naik terhadap diabetes? beberapa di antaranya rasa lelah yang terlalu cepat datang, kerusakan syaraf, kepala pusing, penyakit jantung, kebutaan bahkan makin parah dengan adanya kesadaran yang menurun.

Bagi penderita diabetes jika saat akan makan akan di lakukan terapi nutrisi medis atau dengan kata lain terapi dengan makan secara teratur. Terapi ini dengan melakukan selalu konsumsi makanan bergizi, rendah lemak/kolesterol dan kalori, sehingga dapat mengkontrol kadar gula darah dengan baik.

Artikel lain:
Gejala umum penyakit diabetes melitus
Daun insulin tidak hanya untuk pengobatan herbal diabetes

Makanan yang Baik bagi Penderita Diabetes

* Buah segar, jika Anda menyukai jus lebih baik tanpa gula.

* Sayuran segar (mentah) atau sayur yang sudah di masak dengan cara di rebus, di kukus, di panggang yang pada intinya tidak merusak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Rekomendasi yang tepat adalah brokoli hijau dan bayam merah.

* Ikan seperti salmon, tuna, sarden dan makarel dan sebaiknya hindari ikan yang bermerkuri tinggi seperti ikan tongkol.

* Daging tanpa lemak, yang cara pengolahannya di kukus, di rebus, di panggang atau di bakar.

* Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti kentang panggang atau di bakar, oatmeal, nasi merah, roti gandum dan sereal.

* Popcorn tanpa rasa (tawar)

* Beberapa produk olahan susu yang rendah lemak juga telur.

* Semua yang termasuk kacang-kacangan, kacang kedelai yang sudah di kukus atau dalam bentuk produk olahan seperti tempe dan tahu, sup dan tumis.

Selain beberapa makanan yang boleh di konsumsi bagi penderita diabetes, sebaliknya, berikut ini ada beberapa contoh makanan yang sebaiknya di hindari agar penyakit diabetes tidak semakin parah.

Bagi sebagian masyarakat terutama di indonesia, nasi menjadi sumber makanan pokok sehingga muncul persepsi bahwa "kalau belum makan dengan nasi, berarti belum sepenuhnya puas makan." padahal sumber makanan ini harus di hindari bagi penderita diabetes, karena mengandung kadar gula yang tinggi jika di bandingkan dengan sumber karbohidrat yang lain.

Selain nasi ada beberapa makanan lain yang sebaiknya di hindari jika ingin kadar gula tetap stabil dan sehat. Begitu juga dengan minyak, tidak boleh sembarangan konsumsi minyak dalam makanan, ada beberapa minyak yang aman di konsumsi penderita deabetes, berikut 6 jenis minyak yang aman di konsumsi oleh penderita diabetes.


Makanan yang Buruk bagi Penderita Diabetes

* Buah-buahan kaleng yang di awetkan dan banyak mengandung gula.

* Sayuran kaleng yang di awetkan dengan banyak mengandung garam.

* Sayur yang di masak dengan tambahan keju, garam, mentega dalam jumlah yang banyak dan terlalu matang.

* Produk susu tinggi lemak

* Popcorn dengan berbagai rasa

* Jeroan seperti hati, ampela, usus dan banyak organ dalam dari hewan yang lain

* Berbagai makanan yang di goreng, seperti pisang goreng, kentang goreng, ikan goreng, ayam goreng dan banyak makanan lain yang di goreng.

* Kulit ayam

* Daging yang berlemak

* Berbagai makanan yang terbuat dari tepung terigu, seperti roti tawar putih dan makanan lain

Sangat di anjurkan untuk membuat makanan sendiri, karena dengan demikian kita dapat mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam makanan tersebut sehingga lebih terkontrol dengan baik. Selain menerapkan pola makan sehat sebaiknya rutin mengecek kadar gula darah di dokter atau petugas kesehatan lain yang di tunjuk.

Artikel lain:
Obat alami penyakit diabetes

Jenis Tes Gula Darah

* Tes gula darah puasa

* Tes gula darah acak

* Tes hemoglobin A1c

* Tes toleransi glukosa oral

Oleh sebab itu sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui tes gula darah yang mana yang lebih cocok dengan kondisi kesehatan Anda serta di tanyakan takaran makanan yang tepat untuk di konsumsi.

Itulah beberapa contoh makanan yang baik yang boleh di konsumsi penderita diabetes dan beberapa contoh makanan yang sebaiknya di hindari (pantangan) bagi penderita diabetes. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga