11 Jenis Jerawat yang Umumnya Banyak di Alami Seseorang

11 Jenis jerawat yang umumnya banyak di alami seseorang11 Jenis Jerawat yang Umumnya Banyak di Alami Seseorang - Jerawat hingga kini masih menjadi permasalahan utama banyak orang terutama jika Anda seorang remaja atau pemuda dewasa putra maupun putri. Kekhawatiran ini akan lebih menjadi suatu kenyataan jika seseorang tersebut telah mengalami perubahan hormon dalam dirinya.

Tidak semua pemuda remaja memiliki jerawat, ada beberapa di antaranya memiliki jenis kulit tertentu sehingga tidak mudah berjerawat. Munculnya jerawat akan menjadi bencana besar dan sangat meresahkan seseorang terutama yang masih menonjolkan penampilan dan gengsi.

Jerawat ada beberapa jenis dan tentu saja beda juga cara menanganinya, ada di antaranya jerawat besar yang kadang susah di hilangkan atau jerawat kecil yang memenuhi muka, keduanya sama sama meresahkan, ada juga yang jerawatnya sudah hilang namun bekasnya masih membandel.

Berikut ini 11 Jenis Jerawat yang Umumnya Banyak di Alami Seseorang

Blackheads (Komedo)

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum di alami oleh banyak orang. Komedo biasanya berada di hidung dan sekitarnya dalam bentuk benjolan kecil dan hitam, blackheads atau komedo terbentuk karena folikel yang tertutup adanya bakteri, kulit mati atau zat berbahaya lain yang muncul di permukaan kulit dan berinteraksi dengan oksigen di udara dan hasilnya membentuk benjolan kecil dan hitam yang bernama komedo.

Whiteheads

Jerawat jenis ini berbentuk seperti bintik putih yang merupakan kelenjar minyak. Karena produksi minyak yang berlebihan kelenjar yang tertutupi dengan minyak dan di tutupi juga oleh kulit, akhibatnya minyak tidak bisa muncul ke permukaan kulit sehingga terjebak di dalam dan membentuk bintik putih di permukaan kulit.

Papula

Ini adalah jenis jerawat yang meradang berbentuk titik merah kecil yang berjumlah banyak. Jenis kulit yang berjerawat seperti ini bisa jadi sensitif terhadap sentuhan, lebih baik segera di sembuhkan kalau tidak akan membentuk ruam yang beresiko luka.

Pustula

Pustula adalah jerawat yang meradang luas dan penuh dengan nanah. Jerawat ini muncul biasanya dengan ciri bintik putih dengan pusat warna kuning atau pucat. Jangan pernah memencet ataupun sering menyentuhnya karena sangat beresiko terbentuknya jaringan parut permanen atau bintik-bintik gelap bekas jerawat.

Nodul

Jerawat jenis ini adalah yang paling parah dari jenis jerawat pustula maupun papula. Satu jerawat jenis nodul terasa sangat menyakitkan dan meradang. Jerawat ini tidak mengandung nanah tetapi susah di sentuh karena akan terasa sakit sekali. Jerawat nodul hanya bisa di sembuhkan dengan perawatan medis yang tepat, biasanya dengan menggunakan obat tertentu yang berdosis kuat dan sesuai dengan jenis kulit orang yang berjerawat tersebut.

Cysts (Jenis Kista)

Jerawat yang muncul besar dan di dalamnya terisi dengan nanah, jika tersentuh akan terasa sakit sekali dan hanya membutuhkan perawatan dokter yang bisa menangani agar tidak salah dalam pengobatan.

Jerawat Fulminans

Jerawat jenis ini biasanya muncul pada pria yang menginjak dewasa. Kemunculan jerawat ini biasanya di sertai dengan demam dan rasa nyeri pada persendian yang pada akhirnya meninggalkan bekas luka permanen.

Jerawat Mechanica

Jerawat ini muncul biasanya karena akhibat panas yang berlebihan dan gesekan kulit, hal ini biasanya terlihat pada olahragawan atau mereka yang sering menggunakan penutup kepala seperti helm, topi atau peralatan olah raga dalam jangka panjang.

Jerawat Rosacea

Jerawat jenis ini sangat mirip dengan jerawat vulgaris, kemunculan jerawat ini biasanya di sertai dengan ruam berwarna merah di pipi atau dagu. Tidak terlalu berbahaya namun sangat mengganggu penampilan.

Jerawat Pioderma Faciale

Ini adalah salah satu jenis jerawat yang paling parah karena gabungan antara jerawat jenis pustula dan nodula. Jenis jerawat ini muncul biasanya pada wanita berusia antara 20 tahun sampai 40 tahun. Jerawat ini akan merubah wajah menjadi lebih tidak sehat dan tampak buruk.

Jerawat Conglobata

Jerawat yang paling berat di alami oleh pria dan wanita. Jerawat ini muncul sebagai lesi besar pada kulit yang saling berhubungan dengan sekitar wajah, dada, lengan atas, punggung, bokong dan paha. Jenis jerawat ini adalah yang paling jarang di alami seseorang.

Hadirnya jerawat ini akan membuat kerusakan kulit dan luka yang permanen, tentu saja tidak hanya kesehatan tapi penampilan yang semakin buruk dan tidak percaya diri. Sekarang Anda sudah bisa menentukan jerawat apa yang sedang Anda alami dan perawatan yang bagaimana yang lebih tepat agar cepat sembuh dan bersih kembali dari jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah akan sangat membantu memulihkan kondisi kulit yang tidak sehat dan berjerawat. Ada banyak pengobatan dan perawatan tentunya, tinggal kita pilih yang mana yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Mulai dari pengobatan herbal sampai medis.

Itulah 11 jenis jerawat yang umumnya banyak di alami seseorang dan dengan mengenal jerawat yang kebetulan sedang kita alami maka akan mempermudah dalam pengobatan dan perawatan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



4 comments:

  1. Kalau komedo memang sering menempel pada pinggir hidung saya..mas..kalau diperhatikan dengan seksama,,melalui sebuah kaca ...mmmm ternyata banyak sekali komedonya....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang Nata, sama dengan saya juga demikian, kalau komedo memang umum di alami seseorang, dan lebih baik di bersihkan saja biar tampak lebih percaya diri,,,

      Delete
  2. Halah saya jerawatnya, banyak ni sampe pusing, apa lagi komedo di hidup hadeh.. bandel banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Agan jadi gak ganteng nich, pakai perawatan natural saja Gan biar kembali ganteng,,, Hehe

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga