Kewajiban Suami saat Istri Hamil

Kewajiban suami saat istri hamilKewajiban Suami saat Istri Hamil - Selama masa mengandung istri memiliki beban yang lebih berat dari saat dia belum mengandung. Beban itu tidak tetap tetapi semakin lama semakin berat sampai berusia 9 bulan lamanya.

Banyak yang harus di pertimbangkan seorang ibu yang sedang hamil, mulai dari makanan, minuman, pola hidup, kebiasaan, istirahat dan sebagainya, beban itu semakin lama semakin bertambah saat akan menjelang proses persalinan, bahkan keselamatan ibu pun di pertaruhkan.

Di sisi lain, Anda sebagai seorang suami harus mengerti keadaan istri yang demikian, tanggung jawab Anda bertambah mulai dari aktifitas pekerjaan harian sampai dengan pekerjaan yang biasa di tangani istri Andapun harus rela melakukannya.

Oleh karena itu, jika Anda memang iklas melakukan itu dengan kesungguhan hati, maka Anda layak menjadi suami yang hebat, kepantasan itu adalah kebanggaan seorang ayah yang mampu menjadi ayah yang sebenarnya, menjaga istri dan anak yang di kandung plus menyediakan apapun sesuatu yang menjadi kewajiban setiap hari. Sungguh, luar biasa jika istri mengandung.

Paling tidak Anda sebagai seorang suami harus mengerti dan memahami kewajiban apa yang di bebankan kepada Anda, sehingga Anda layak menjadi suami hebat.

Berikut Kewajiban Seorang Suami saat Istri Hamil

Berikan Rasa Tentram dan Damai pada Kehamilan

Kewajiban yang pertama bagi seorang ayah untuk istri yang sedang hamil adalah mewujudkan rasa tentram dan damai bagi istri, hindarkan istri dari berbagai pikiran yang menyiksa, memberatkan dan mengganggu pikirannya, buatlah dia tentram dan damai apalagi saat bersama Anda.

Jika istri Anda tentram dan damai maka itu akan berpengaruh terhadap kondisi janin yang ada di dalam kandungan juga akan lebih baik, namun demikian jika sebaliknya, maka kondisi buruk pun juga akan bersiko terhadapnya. Pastikan istri Anda rileks dan tenang dalam berfikir.

Hindari Pekerjaan Fisik Maupun Pikiran yang Berat

Satu hal penting lagi bagi seorang istri yang sedang hamil adalah hindari pekerjaan yang berat baik itu secara fisik maupun yang banyak menguras pikiran. Jika istri Anda kebetulan seorang wirausaha atau seorang pekerja sebagai karyawan di sebuah instansi atau perusahaan sebaiknya Anda rela untuk mengantarnya baik pulang maupun berangkat.

Lebih baik lagi mengambil jatah cuti hamil dan gunakan waktu yang ada untuk istirahat penuh dan penuhi gizi tubuh istri Anda. Dengan pkerjaan rumah pun Anda sebagai seorang suami harus rela menggantikan profesi istri yang mencuci, masak, membersihkan lantai dan bahkan membopong istri untuk ke kamar mandi, hal itu selain tugas istri lebih ringan keharmonisan di antara Anda makin kuat.

Lengkapi Gizi Sehat Istri

Makanan yang bergizi tidak harus mahal, pilihlah makanan yang terjangkau namun memiliki nutrisi yang tinggi, tidak perlu malu atau gensi kalau Anda membantu istri berbelaja untuk masak di hari itu. Jangan lupa sayur segar dan buah segar untuk memenuhi gizi istri dan janin. Lebih baik hindari pola hidup tak sehat, seperti makan makanan yang banyak lemak jahat atau junk food.

Menuruti Keinginan Istri

Kadang saat istri sedang hamil selalu meminta yang aneh, kalau orang jawa bilang istilahnya ngidam. Banyak orang jawa atau orang indonesia pada umumnya masih mempercayai tentang hal itu. Sebaiknya Anda sebagai suami bersabarlah dan turutilah permintaanya yang aneh itu! ibarat tirakat inilah yang Anda lakukan karena Anda akan mendapatkan rizki yang jauh lebih berharga dari apapun di dunia ini.

Ajaklah Berjalan Santai di Pagi Hari

Pada saat istri hamil, pasti ada beberapa saraf, otot atau persendian yang kaku dan tegang, oleh karena itu ajaklah istri berjalan santai di pagi hari dan lakukan hal ini rutin setiap pagi. Jalan sehat akan memperlancar peredaran darah dan membuat persendian tidak kaku lagi, kondisi ini akan merileksasi tubuh istri dan janin dan ini sangat bermanfaat sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Hindari Asap Rokok

Lebih baik jangan merokok di dekat istri yang mengandung, jika memang Anda seorang perokok lebih baik menjauhlah atau berhentilah! karena hal itu akan berdampak buruk bagi istri dan janin yang di kandungnya.

Hindari Pertengkaran

Istri yang sedang mengandung kadang mudah terbawa emosi dan tak terkontrol, sadarilah itu bahwa kondisi seperti itu hormon tertentu akan merespon perbuatan yang emosional dan adakalanya memancing amarah Anda. Sebaiknya, bersabarlah! hal itu tidak akan lama dan akan hilang dengan sendirinya, jangan terbawa emosi olehnya.

Bersikaplah lebih dewasa dari biasanya, hadapilah dia yang emosional dengan lapang dada, yakinlah bahwa sikap Anda yang seperti itu akan menyentuh hatinya dan akan memancing istri Anda untuk bersikap yang lebih baik.

Menyiapkan Sarapan Pagi

Berbahagilah Anda yang memiliki istri yang sedang hamil, karena itu adalah kesempurnaanya sebuah keluarga. Pada hari sebelumnya dia memang menyiapkan sarapan untuk Anda tetapi saat ini dia sedang mengandung anak Anda. Saatnyalah untuk melayani istri dengan menyediakan sarapan pagi yang istimewa. Buatlah dia tersenyum dengan apa yang Anda lakukan untuknya.

Minimal itulah yang harus Anda lakukan sebagai kewajiban  seorang suami karena istri yang sedang mengandung. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




8 comments:

  1. yang aku sesali dulu pernah bertengkar ketika istri sedang hamil, tapi Alhamdulillah bayi ku lahir dengan kondisi normal dan sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau begitu, jangan di ulangi lagi yah,, Hehe

      Delete
  2. Wah bagus untuk saya yang lagi nunggu kelahiran anak, dan bisa bantu istri tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung,,,

      Delete
  3. Terima kasih infonya..
    Info menarik nih hehe

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga