Cara Lari Agar Bisa Lebih Cepat

Cara Lari Agar Bisa Lebih Cepat
Cara Lari Agar Bisa Lebih Cepat - Berolahraga adalah bagian penting dalam hidup, apalagi jika Anda seorang atlit, tentunya memerlukan trik kusus agar apa yang Anda lakukan menjadi yang terbaik dan bisa juara.

Menjadi terbaik adalah rangkaian dari belajar yang kita lakukan terus menerus setiap saat dan setiap waktu, dengan demikian kita akan menemukan sebuah trik atau cara tersendiri agar bisa beda dengan yang lain.

Belajar berlari tentunya tidak sembarangan, memerlukan trik kusus dan tata cara yang benar dan tepat agar berlari bisa lebih kencang dari biasanya, kalau cara belajar yang kita lakukan sudah sesuai prosedur maka akan mempermudah Anda dalam memenangkan sebuah pertandingan.

Berikut Ini Cara Agar Berlari Bisa Lebih Cepat Dari Biasanya

Mulailah Berlari Dengan Jarak Pendek

Mulailah lari sesi jarak pendek dengan kecepatan penuh, hal ini akan memudahkan kita sampai pada titik finish lebih cepat daripada tehnik menyimpan tenaga di meter terakhir. Sebuah survey menemukan bahwa seseorang yang berlari lebih cepat sekitar 6 persen dari kecepatan normalnya maka pada 3 KM pertama dalam lomba lari 5 atau 10 KM dapat mencapai titik finish 32 detik lebih cepat dari biasanya.

Manfaatkan Ayunan Tangan

Jangan meremehkan ayunan tangan saat berlari, kita bisa memanfaatkan ayunan tangan untuk mempercepat lari kita jauh lebih baik dan stabil dari biasanya, sehingga kita lebih bisa menikmati saat berlari.

Ayunan tangan yang tepat saat berlari adalah kuatkan saat mengayunkan lengan ke belakang karena gerakan kaki selalu mengikuti gerakan ayunan lengan tangan, oleh karena itu perlu adanya latihan kusus untuk memperkuat otot bisep dan otot trisep tangan. Saat berlari buka jari kedua tangan dan rapatkan ini akan mempermudah saat mengayunkan tangan, karena akan mendapatkan tekanan lebih kecil.

Manfaatkan daya dorong tubuh

Dalam lari cepat, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan daya dorong tubuh dengan cara tubuh condong ke depan. Karena beban tubuh lebih berat ke depan maka akan memaksa kaki untuk lebih cepat melangkah, namun demikian jangan terlalu condong ke depan karena jika kaki terlambat melangkah akan membuat tubuh Anda tidak bisa menjaga keseimbangan dan jatuh terjerembab. Untuk melatih diri dan membiasakan lari cepat, bisa memilih medan yang menanjak.

Bagi dua sesi latihan dalam satu hari

Ini adalah cara yang lebih efektif dalam berlatih, jika Anda terbiasa memanfaatkan waktu 30 menit per hari, cobalah di bagi menjadi dua sesi yaitu 15 menit dalam sehari. Dalam sebuah penelitian dengan cara ini dapat meningkatkan VO2 secara maksimal, kapasitas dalam memanfaatkan oksigen dalam latihan hingga 7,7 persen.

Latihan angkat beban

Cobalah untuk latihan angkat beban, tidak akan memperberat otot justru akan lebih memperkuat jaringan otot Anda, sehingga dapat mempercepat lari Anda. Dalam sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang dapat menjaga fase larinya lebih lama hingga 12 menit setelah menjalankan program 10 minggu yang terdiri dari Leg curl, Leg extension, Leg press, Squat, Calf raise dan Deadlift.

Aturlah fase lari Anda

Berlari dengan kecepatan penuh dalam sesi latihan bukanlah cara yang bijak untuk meningkatkan kecepatan lari Anda. Mungkin ini terdengar aneh, tapi berlari secara lambat juga membuat Anda bisa lebih cepat.

Caranya adalah dengan mengkombinasikan latihan dengan lari pelan jarah jauh dan lari cepat dengan intensitas tinggi. Anda bisa mempraktikkan latihan ini pada waktu yang berbeda.

Latihan pernafasan yang lebih efektif

Kira kira mana yang lebih baik dan efektif berlari dengan bernafas melalui hidung atau mulut? keduannya sama saja asalkan bisa membuat irama sirkulasi udara yang stabil dan mampu memasukkan oksigen sebanyaknya.

Dalam sesi latihan ini buatlah otot diafrakma dada lebih elastis dengan cara berlatih rutin dan berdisiplin tinggi. Satu lagi lakukan peregangan di bagian dada agar lebih terbiasa dan kuat saat melepas karbondioksida (CO2) dan menghirup oksigen (O2)

Perkuat kekuatan otot Core Anda

Mungkin ada yang mengira bahwa memperkuat otot core adalah bertujuan untuk menghindari cidera, namun dengan melatih otot core juga akan meningkatkan performa lari cepat Anda. Untuk melatih otot ini Anda tidak perlu harus pergi ke Gym, namun cukup dengan melakukan latihan Crunch dan Plank selama 3-4 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan ini dengan santai bahkan sambil menonton televisi.

Itulah cara latihan yang lebih tepat agar bisa memiliki kekuatan otot kaki, lengan, dada dan pernafasan yang lebih fleksibel, sehingga Anda bisa lari lebih cepat dari biasanya.

Semoga bermanfaat dn terima kasih
 


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga