Cara Melatih Dan Meningkatkan Kinerja Otak Kanan

Cara melatih dan meningkatkan kinerja otak kananCara Melatih Dan Meningkatkan Kinerja Otak Kanan - Otak manusia secara fisik di bagi menjadi dua bagian dan keduanya berkolaborasi secara kognitif. Otak adalah pusat pengendali semua kegiatan tubuh dalam bergerak. 

Biasanya seseorang menggunakan kedua otaknya, namun tidak sama kuat, ada bagian yang lebih dominan di bandingkan bagian yang lainya.

Jika Anda seorang yang matematis cenderung otak kiri yang lebih dominan, tetapi jika Anda terbiasa dengan suatu kreatifitas dan intuitif yang menarik maka otak kananlah yang lebih dominan, Anda adalah seorang visioner yang besar.

Artikel lain:
Meningkatkan kinerja otak dengan rempah alami
Cara meningkatkan kinerja otak kanan dan kiri

Secara Garis Besar Inilah Sekilas Perbedaan Otak Kanan Dan Otak Kiri

Otak Kanan:

1. Berani
2. Langsung action
3. Menerima resiko
4. Optimis
5. Tidak nyaman
6. Tanpa berfikir panjang
7. Kreatif dan suka menciptakan masalah



Otak Kiri: (Kebalikan dari Otak kanan)

1. Penakut
2. Banyak perhitungan
3. Tidak bersedia mengambil resiko
4. Pesimis
5. Nyaman
6. Berfikir terlalu lama
7. Tidak mau bermasalah                   

Untuk memilih mana yang lebih dominan adalah suatu pilihan, terserah kita ingin yang mana, tetapi intinya, jika otak kita dominan menggunakan otak kanan maka otak kiri secara otomatis akan mengikutinya, tetapi jika sebaliknya, maka otak kanan tidak mengikutinya.

Otak harus di latih, agar dapat bermanfaat secara maksimal. Maka dari itu kita harus menjaganya dengan baik, setidaknya ada 9 kebiasaan yang dapat menurunkan kinerja otak kita, oleh karena itu kita harus hindarinya.

Melatih Dan Meningkatkan Kinerja Otak Kanan

Menurut Eric Chudler, Ph. D. Seorang ahli syaraf dan peneliti di University of Washington di Seattle, mengtakan bahwa, "Seorang musisi dan seniman adalah pakar pemakai otak kanan, fungsi dominan otak kanan adalah pengenalan wajah, kemampuan spasial, musik dan citra visual sementara kemampuan analitis berasal dari otak kiri."

Otak kiri adalah logis, sisi yang selalu berurutan, sementara otak kanan adalah tidak logis, maksudnya mematahkan pola yang teratur yang sudah terbiasa kita lakukan. Otak kanan adalah akar dari emosi, imajinasi dan bergerak. Beberapa latihan ringan yang bisa Anda lakukan untuk merangsang otak kanan adalah.

1. Memakai baju dengan mata tertutup.

2. Berjalan ke arah belakang.

3. Mengemudikan mobil dengan rute yang berbeda dari biasanya.

4. Membuat karya tulis.

5. Menciptakan jebakan tikus sederhana dan sebagainya.

6. Menyatukan ujung jari telunjuk (kanan dan kiri) di atas kepala.

7. Menggerakkan mouse ke arah sisi yang lain dari biasanya.

8. Jika Anda suka memancing ikan di sungai, empang atau kolam besar, tanpa sadar Anda sudah melatih otak kanan menjadi lebih hidup.

9. Belajar main gitar dengan menyanyikan musik kesayangan adalah salah satu kratifitas menyenangkan untuk merangsang otak kanan.

Menurut Terry Lyles seorang psikolog senior, dalam bukunya "The Secret to Navigating Life's Storms." Mengatakan bahwa "Menyanyi, belajar memainkan alat musik, berusaha menghafal musik baru, menonton pertunjukan musik adalah cara yang terbaik untuk membantu merangsang korteks pendengaran dari otak kanan dan merangsang kreatifitas yang lebih aktif."

Selain itu mengambil kursus seni tertentu juga membantu meningkatkan fungsi otak kanan, seperti seni lukis atau pahat patung, dengan merangsang otak kanan Anda akan lebih terlatih dan berani mengambil sebuah kesimpulan untuk beda dari yang lain.

Satu lagi latihan yang dapat meningkatkan kinerja otak kanan adalah merajut, mengkristik dan menjahit, semua itu membutuhkan fokus dan perhatian khusus. Menemukan pola sendiri dengan kreatifitas dan imajinasi Anda sendiri, dengan hasil akhir mendapatkan produk yang terbaik, indah dan menawan. Inilah hasil konseptual otak kanan Anda.

Ketrampilan Kognitif Yang Semakin Tajam

Ketrampilan kognitif akan semakin terasah jika terus melakukan latihan yang berkelanjutan, dengan begitu ketrampilan kognitif ini akan mempertajam cara kita dalam berfikir, belajar, mengingat, membaca, yang berhubungan dengan kekuatan mental, memperhatikan sesuatu hingga menyelesaikan suatu masalah.

Berikut ini Pejelasan Singkat Mengenai Ketrampilan Kognitif

1. Perhatian / Selektif, sangat memungkinkan Anda untuk bisa mengabaikan gangguan apapun yang ada di sekitar, dan Anda tetap fokus pada apa yang Anda lakukan.

2. Perhatian / Berkelanjutan, sangat memungkinkan Anda untuk tetap fokus terhadap apapun yang Anda lakukan dalam waktu tertentu.

3. Perhatian / Terbagi, sangat memungkinkan bagi Anda dalam mengingat semua informasi sambil melakukan dua hal sekaligus dengan baik.

4. Memori / Kerja, memungkinkan Anda untuk tetap bertahan dalam informasi tersebut saat Anda berada dalam proses menggunakannya.

5. Memori / Long-term, memungkinkan Anda untuk tetap pada akses informasi yang telah tersimpan pada masa lalu.

6. Logika / Penalaran, memungkinkan Anda untuk memiliki wawasan yang luas dalam berfikir, membentuk ide dan memecahkan suatu masalah.

7. Pengolahan / Kecepatan, memungkinkan Anda untuk melakukan tugas dengan cepat dan akurat.

8. Visual / Processing, memungkinkan Anda untuk berfikir dalam bentuk gambar visual Anda.

9. Pengolahan / Pendengaran, memungkinkan Anda untuk berbaur, menganalisis dalam segmen suara, dan ini merupakan ketrampilan penting untuk menuju sukses.

Tidak ada sesuatu yang terjadi secara tiba tiba tanpa adanya penyebabnya, semuanya membutuhkan proses yang harus di lakukan terus berkelanjutan dengan hati yang senang, agar dapat mendapatkan hasil yang terbaik.

Itulah cara melatih dan meningkatkan kinerja kusus untuk otak kanan, semua adalah pilihan dan semua tergantung dari kemauan Anda sendiri.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com