Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Mudah Rontok

Cara mengatasi rambut bercabang dan mudah rontokCara Mengatasi Rambut Bercabang dan Mudah Rontok - Memiliki rambut sehat, indah dan menarik adalah harapan bagi kita semua, apalagi bagi yang sangat peduli terhadap penampilan diri, rambut sebagai life style, tapi kalau rambut yang kita miliki bercabang, kering, kusam dan mudah rontok, rasanya menjengkelkan dan kesal sekali, penampilan kita jadi jelek dan tidak menarik.

Rambut merupakan mahkota sebagai simbol pencerminan watak kepribadian diri kita sendiri, apabila kita terbiasa dengan rambut berantakan ya itulah jati diri kita, begitu juga dengan sebaliknya, jika rambut yang kita miliki tampak indah, sehat dan mempesona maka kita akan lebih percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain dan menarik di pandang mata.

Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan rambutnya, mungkin karena kesibukan aktifitas harian seperti bekerja, belajar atau sebab lain seperti kebiasaan memakai pengering, pelurus rambut dan cat rambut yang tidak terkontrol, terpapar sinar matahari, polusi dan sebagainya.

Hal ini akan menyebabkan rambut rusak, bercabang dan akhirnya mudah rontok. Kerugian besar akan kita alami jika kita kurang peduli terhadap kesehatan rambut kita sendiri. Kalau sudah demikian biasanya sang pemilik rambut akan memotongnya, sayang bukan?

Artikel lain:
Tips terlihat cantik dengan rambut pendek
Perawatan rambut selama kemoterapi

Berikut Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Mudah Rontok

1. Manfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut. Nutrisi minyak zaitun sangat baik untuk menyuburkan dan meningkatkan kekuatan rambut agar tidak mudah patah dan rontok. Minyak zaitun juga merangsang pertumbuhan rambut berikutnya.

Panaskan minyak zaitun terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan microwave untuk memanaskan. Setelah hangat, oleskan ke rambut yang masih dalam kondisi basah sambil di pijit ke kulit kepala. Biarkan beberapa saat (5-10 menit) lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah terus seperti ini sampai pada kondisi rambut yang di inginkan.

2. Memotong Ujung Rambut

Setelah memberikan minyak zaitun pada rambut selanjutnya memotong bagian rambut yang bercabang dan tidak sehat. Gunakanlah gunting yang tajam agar pemotongan berjalan rapi dan mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan juga sisir yang bergigi jarang agar proses pemotongan lebih mudah. Ujung rambut yang bercabang sangat tidak nyaman di pandang mata, oleh karena itu harus di potong.

3. Gunakan Produk Kecantikan yang Sesuai

Sebelum memakai produk kecantikan untuk rambut Anda sebaiknya kenali dulu karakter rambut Anda, jangan sembarangan memakai sampo dan produk kesehatan rambut. Pilihlah sampo, conditioner atau leave-on yang sesuai dengan karakter rambut Anda agar tidak terjadi kesalahan pemakaian produk baca dulu aturan pakainya. Produk kesehatan rambut yang bersifat alami adalah pilihan yang terbaik untuk merawat rambut secara herbal.

4. Kurangi Penggunaan Hair Dryer  

Penggunaan alat pengering rambut seperti hair dryer yang terlalu sering akan menyebabkan rambut Anda tidak sehat, tipis dan mudah rontok. Kurangilah atau bila perlu di hindari penggunaan alat semacam ini jika ingin rambut kita sehat dan kuat. Lebih baik menggunakan cream alami anti panas yang kusus untuk menata dan meluruskan rambut.

5. Hindari Tidur dengan Rambut Terikat

Jika tiba saatnya tidur, lebih baik hindari penggunaan karet atau alat lain untuk mengikat rambut. Karena hal ini justru akan membuat rambut tidak bisa bernafas dan bergerak bebas. Rambut akan mudah patah dan rusak.

Penggunaan ikat rambut dalam jangka waktu yang lama sangat tidak di anjurkan untuk kesehatan rambut. Jika terpaksa harus menggunakannya karena masih berkeringat lebih baik gunakan ikat rambut yang longgar dan tidak menyiksa.

6.  Hindari Mencuci Rambut dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat atau jacuzzi memang menyenangkan dan sehat, tapi tidak untuk rambut sehat Anda. Kebiasaan ini akan memudahkan rambut kehilangan nutrisinya dan mengurangi kandungan oksigen di kulit kepala. jika ingin keramas atau membasahi rambut lebih baik pilihlah air yang dingin dan segar. Hindari pula terlalu sering mencuci rambut agar kelembaban kulit kepala dan rambut tertap terjaga.

7. Jangan Terlalu Keras Menggosok Rambut

Biasanya wanita yang berambut panjang sering menggosok rambutnya dengan handuk setelah mandi, janganlah terlalu keras dalam menggosoknya, karena akan membuat struktur lapisan luar rambut rusak, kering dan mudah rontok. Lebih baik di remas seperlunya saja dengan menggunakan handuk yang lembut dan biarkan rambut basah, nanti akan mengering dengan sendirinya.

8. Konsumsi Makanan yang Menujang Kesehatan Rambut 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan tidak hanya di lakukan dari luar saja tapi juga dari dalam tubuh. Konsumsilah makanan yang dapat menunjang kesehatan rambut, nutrisi yang ada akan di manfaatkan oleh rambut untuk pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik. Berikut ini makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Rambut yang sehat akan terbentuk dengan baik jika kita sedikit meluangkan waktu untuk merawatnya secara berkala, sesibuk apapun aktivitas kita setiap hari meluangkan sedikit waktu untuk merawat rambut akan berdampak besar pada penampilan dan kepribadian diri sendiri.

Itulah cara yang relatif mudah untuk mengatasi rambut bercabang dan mudah rontok, jika ada di antara pemirsa yang ingin di tanyakan atau menambahkan bisa di tulis di kolom komentar di bawah ini agar bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape