Dampak Minuman Bersoda Terhadap Penyakit Diabetes

Dampak minuman bersoda terhadap penyakit diabetesDampak Minuman Bersoda Terhadap Penyakit Diabetes -Minuman bersoda pasti terasa lebih segar dan nikmat saat di minum pada siang hari yang terik. Banyak sekali orang yang menyukainya, bahkan ada yang selalu menyediakan di lemari pendingin.

Tetapi tahukah Anda bahwa sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kita? termasuk penyakit diabetes. Reaksi terhadap dampak minuman ini akan lebih cepat terasa jika perut dalam keadaan kosong.

Dampak Minuman Bersoda Terhadap Penyakit Diabetes

Biasanya minuman bersoda di sajikan dalam bentuk kalengan kecil ukuran sedang, satu kaleng minuman bersoda mengandung 15 sampai 19 sendok teh gula yang mengandung lebih dari 240 kalori. Perlu di ketahui bahwa kalori tersebut tidak menurunkan kalori yang terdapat pada asupan makan Anda.

Banyaknya kalori yang ada di dalam tubuh kita akan terus menumpuk dan jarang di manfaatkan untuk berbagai aktifitas, hal inilah yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes, mulai diabetes ringan sampai akut. Bahkan dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa "satu kaleng minuman bersoda sehari dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam mengelola gula darah."

Tidak hanya itu, kebiasaan konsumsi minuman bersoda akan berdampak pada meningkatnya sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah munculnya banyak penyebab yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berat seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan stroke.

Beberapa faktor yang di timbulkan antara lain adalah,

1. Tingginya tekanan darah

2. Meningkatnya kadar lemak dalam darah (trigliserida)

3. Kadar gula darah yang tidak terkontrol

4. Lemak perut yang terus menumpuk (LDL)

5. Miskinya lemak baik (HDL)

Jika Anda ingin mengganti minuman bersoda yang rendah gula atau sedikit kalori (diet soda), hasilnya tidak lebih baik dari semula. Karena biasanya diet soda mengandung pemanis buatan (sakarin) yang cukup, dan dalam studi yang melibatkan 66.118 wanita selama 14 tahun menyatakan bahwa minuman atau makanan yang menggunakan gula asli atau buatan sama-sama beresiko meningkatkan munculnya penyakit diabetes tipe-2.

Bahaya Lain Dampak Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi dampak atau pengaruhnya terhadap kesehatan karena terlalu banyak konsumsi minuman bersoda, berikut ulasannya.

1. Mengganggu fungsi kerja ginjal, sehingga ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal.

2. Minuman bersoda tidak mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

3. Dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma pada pria.

4. Beresiko timbulnya obesitas.

5. Mempengaruhi kesehatan gigi.

6. Mempercepat proses osteoporosis.

7. Menurunkan daya tahan tubuh, sehingga mudah terserang berbagai penyakit.

8. Selain masalah jantung juga dapat memicu penyakit asam urat.

9. Mempengaruhi kesehatan saluran pencernaan dan menipiskan lapisan dinding lambung.

10. Mempercepat proses penuaan dini dan kematian sel.

11. Menyebabkan kecanduan atau rasa ingin minum terus.

Hindari Minuman Bersoda

Sebenarnya ada banyak minuman yang nikmat sebagai pengganti minuman bersoda, Anda bisa menentukan pilihan sendiri sesuai selera. Dengan mengganti kebiasaan konsumsi minuman bersoda dengan minuman lain yang lebih sehat, berarti Anda sudah meminimalisir timbulnya resiko penyakit diabetes.

Beberapa contoh minuman yang menarik dan sehat antara lain, air lemon, air jeruk nipis plus madu, jus buah yang di tambah dengan sedikit coklat, air kelapa hijau, coklat panas, air jahe hangat, susu dan banyak lagi yang lain.

Larangan Keras Bagi Bunda Yang Sedang Hamil

Anda yang sedang hamil sangat di sarankan tidak minum minuman jenis ini, karena akhibatnya jelas akan fatal. Janin yang ada di dalam uterus akan mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi yang semakin berkurang, sehingga pembentukan beberapa organ tubuhnya tidak sempurna.

Selain cacat permanen dampak yang paling fatal adalah kematian janin yang masih ada di dalam kandungan. Sebaiknya hindari minuman bersoda dan pola hidup tidak sehat lain seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan sebagainya.

Mengetahui bahaya dari dampak kebiasaan konsumsi minuman bersoda yang tinggi maka lebih baik di hindari. Semuanya tergantung Anda, dan semuanya adalah pilihan. Jika Anda peduli terhadap kesehatan diri, lebih baik tinggalkan minuman bersoda atau sebaliknya, saya berharap Anda lebih bijaksana dalam menentukan sebuah pilihan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


2 comments:

  1. wah bener nih, saya sejak kecil hampir minum soda tiap hari, efeknya baru kerasa sekarnag-sekarang ini. akhirnya udah 3 tahun berhenti minum soda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhenti minum soda sudah 3 tahun yg lalu dan baru kerasa efeknya sekarang2 ini,,,?

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape