Fakta Kafein Terhadap Penderita Diabetes

Fakta kafein terhadap penderita diabetesFakta Kafein Terhadap Penderita Diabetes - Minum kopi sangat nikmat jika di minum pada pagi hari di depan teras rumah dan di temani kudapan sehat sambil memandang kebun yang indah dan segar.

Minuman kopi juga biasa di manfaatkan bagi sebagian orang untuk mengusir rasa kantuk dan lelah, menurut mereka badan terasa lebih segar, sehat dan tidak kantuk lagi, sehingga dapat menjalankan aktifitas harian lebih maksimal.

Fakta Kafein Terhadap Penderita Diabetes

Tetapi hal ini tidak berlaku bagi penderita diabetes tipe - 2, jika hal ini nekat di lakukan justru bisa berakibat fatal. Kafein merupakan bahan utama kopi yang dapat mengaktifkan saraf pusat, yang bersifat melawan rasa lelah, meningkatkan konsentrasi otak dan lebih fokus.

Bagi penderita diabetes tipe - 2 sangat di sarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak, karena bisa membahayakan penderita itu sendiri. Waktu yang cukup lama sekitar enam jam reaksi kafein setelah 15 menit mengkonsumsi akan mempengaruhi gula dalam tubuh dan kemungkinan besar akan memperburuk penyakit diabetes yang di derita pasien.

Kafein Buruk Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Menurut sebuah penelitian ringan yang di lakukan di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu mengungkapkan bahwa mengkonsumsi empat cangkir atau lebih dalam sehari dapat mempengaruhi dan meningkatkan gula darah.

Penelitian lain yang di lakukan dengan menggunakan medium beberapa orang penderita diabetes tipe - 2 dengan cara mengkonsumsi kapsul yang berisi kafein setelah sarapan, makan siang dan makan malam ternyata juga di temukan bahwa gula darahnya mengalami kenaikan, hal ini semakin merepotkan bagi penderita.

Penelitian yang lain juga di lakukan dengan mengkonsumsi kapsul kafein sebelum makan, ternyata terdapat peningkatan kadar glukosa setelah mereka makan, hal ini menunjukkan adanya peningkatan resistensi insulin, hal ini membuat kopi berbahaya bagi penderita diabetes tipe - 2. Jadi kalau sering konsumsi kafein di duga membuat insulin tidak peka terhadap gula darah.

Bagi penderita diabetes tipe 2 yang nekat mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu yang lama maka akan memaksa tubuh untuk membentuk insulin dalam jumlah lebih banyak yang bertujuan mengurangi kadar glukosa atau gula dalam darah.

Kafein Baik Bagi Orang Yang Non Diabetes

Namun bagi orang yang tidak menderita penyakit diabetes justru sebaliknya, kafein akan meminimalisir resiko terkena penyakit diabetes, tetapi bukan berarti di perbolehkan konsumsi kafein dengan jumlah yang tak terkontrol.

Pada orang dewasa yang suka minum kopi agar di ketahui bahwa konsumsi kafein di batasi, maksimal hanya sebanyak 400 mg setiap hari, dan jumlah itu tidak di dapat dari mimum kopi saja tapi juga dari minuman lain yang mengandung kafein seperti coklat, obat, teh dan minuman ringan lain.

Kita harus bisa kontrol kadar kafein dalam tubuh, karena tingkat kesehatan setiap orang berbeda maka kemampuan tubuh dalam mengelola kafein pun juga tidak sama. Untuk itu bagi orang yang sehat kafein tidak berpengaruh tetapi beda dengan orang yang sudah di vonis menderita penyakit diabetes. Konsumsi kafein yang berlebih bisa menjadi mimpi buruk bagi penderita diabetes, terutama yang sudah masuk kategori tipe - 2.

Agar lebih meyakinkan, konsultasi dengan dokter ahli bisa menjadi jalan yang terbaik untuk mendapatkan saran dan petunjuk dalam mengelola kesehatan agar tidak semakin parah.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



4 comments:

  1. ada manfaat ada pula bahayanya.. hampir semua seperti itu, jadi harus berhati-hati jika mengidap penyakit tertentu. banyak makanan yang dilarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebaiknya cek dan kontrol kesehatan kita secara berkala, agar segera di ketahui kondisi kesehatan kita yg sebenarnya.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape