Fakta Yang Terjadi Saat Minum Obat Dengan Susu


Fakta yang terjadi saat minum obat dengan susuFakta Yang Terjadi Saat Minum Obat Dengan Susu - Minum obat harus sesuai aturan, agar dapat di serap tubuh secara maksimal, biasanya dokter menyarankan sesuai takaran dosis yang sudah di tetapkan dan menganjurkan agar di minum dengan air putih. Lalu bagaimana kalau di konsumsi dengan susu?

Obat yang kita konsumsi dapat berinteraksi dengan tubuh secara berbeda pada tiap manusia, hal ini bisa di pengaruhi oleh nutrisi makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, bisa juga karena obat lain atau obat herbal tambahan yang sudah di konsumsi.

Interaksi Obat dan Air Susu

Jika kita minum obat bersamaan dengan air susu, sebagian orang akan mengatakan boleh dan sebagian lagi akan mengatakan tidak boleh. Pendapat ini ada benarnya karena ada sebagian obat yang boleh di konsumsi dengan air susu, hal ini bertujuan untuk meminimalisir dan menghindari terjadinya resiko iritasi terhadap dinding lambung dan rasa mual.

Tetapi beberapa obat terntentu seperti antibiotik mengandung tetrasiklin yang dapat bereaksi dengan kalsium susu, kalsium ini akan saling berikatan dengan komponen obat atau antibiotik tersebut sehingga akan menghambat proses penyerapan unsur obat oleh tubuh.

Perhatikan juga bahwa kesempurnaan penyerapan obat oleh tubuh juga di pengaruhi oleh usia seseorang, tingkat kondisi kesehatan, berat badan, dosis obat, komponen obat dan vitamin. Jadi sebelum memutuskan mengkonsumsi obat dengan susu cermati dulu, apakah kandungan susu dapat berdampak pada obat.

Berikut Ini Obat Yang Boleh di Konsumsi Dengan Susu

1. Obat anti-inflamasi nonsteroid. Sebagian dari obat obatan ini sudah banyak yang di jual bebas di apotik atau toko terdekat dan penggunaanya boleh di konsumsi dengan air susu jika di sinyalir akan dapat mengiritasi dinding lambung. Beberapa obat jenis ini antara lain, ibuprofen, naproksen, diklofenak dan aspirin.

2. Obat kortikosteroid. Adalah obat yang dapat mengurangi kadar kalsium dan kalium dari dalam tubuh, obat ini di sarankan untuk di konsumsi dengan susu yang sarat kalsium dan kalium sehingga dapat menghindari tubuh dari kekurangan mineral ini. Beberapa obat tersebut adalah prednison dan hidrokortison.

Berikut Ini Obat Yang Tidak Boleh di Konsumsi Dengan Susu

1. Obat Antibiotik Tetrasiklin. Di atas telah disinggung bahwa tetrasiklin akan menghambat proses penyerapan obat oleh tubuh, karena kalsium yang ada pada susu akan saling mengikat dengan komponen obat antibiotik ini.

2. Obat Antibiotik golongan kuinolon. Beberapa golongan obat ini antara lain, ciprofloxacin dan mixilfloxacin. Keduanya tidak di anjurkan di konsumsi bersamaan dengan air susu atau produk olahan susu seperti yogurt.

3. Obat anti epilepsi atau kejang. Obat ini akan mengganggu proses metabolisme vitamin D, kalsium dan kalium yang terkandung di dalam susu. Begitu juga efek dari nutrisi susu tersebut yang di sinyalir dapat menetralkan obat anti kejang yang telah di konsumsi sehingga tidak berpengaruh terhadap tubuh.

Itulah fakta dari efek dan reaksi obat tertentu jika di konsumsi dengan air susu atau produk olahan dari susu. Jadi lebih baik melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat, dengan cara menanyakan kepada dokter, apoteker atau ahli kesehatan yang memeriksanya, sebaiknya harus dengan apa mengkonsumsi obat yang telah di dosiskan tersebut, namun jika tidak ada aturan kusus yang harus di lakukan sebaiknya di konsumsi dengan air putih saja.

Terima kasih dan Semoga bermanfaat


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape