Tanda Saat Melahirkan Sudah Dekat

Tanda saat melahirkan sudah dekatTanda Saat Melahirkan Sudah Dekat - Mungkin saat ini Anda adalah salah satu orang yang beruntung di banding banyak wanita di dunia ini, bisa hamil dan akan melahirkan seorang bayi mungil, lucu dan menggemaskan.

Kebahagiaan keluarga kecil akan tampak lebih sempurna saat adanya baby di tengah hangatnya suasana keluarga kecil dan sederhana, kerinduan akan kehadiranya akan terobati, dan selanjutnya kewajiban kita sebagai orang tua untuk mendidik, menjaga, membesarkan dan mengantarkanya menjadi orang yang sukses meraih apa yang di cita-citakan.

Perubahan Secara Fisik

Proses persalinan adalah bagian dari proses yang panjang dan melelahkan dari kehamilan. Melahirkan atau persalinan akan terjadi setelah munculnya tanda - tanda baik secara fisik maupun secara emosional. Tanda dari setiap wanita yang akan melahirkan mungkin tidak sama, tetapi setidaknya kita harus mengetahui perubahan yang terjadi, agar persiapannya bisa di lakukan sedini mungkin dan tidak kerepotan.

Kenalilah perubahan secara fisik yang terjadi berikut ini:

1. Susah tidur atau gelisah. Saat proses persalinan akan tiba biasanya bunda akan susah tidur dan selalu gelisah, tetapi ada juga yang tidak selalu demikian.

2. Muncul rasa seperti kram di perut dan nyeri punggung. Rasa ini muncul berarti akan segera datang persalinan Anda, oleh karena itu lebih baik segera pergi ke dokter ahli agar segera mendapatkan penanganan secepatnya.

3. Keluarnya lendir kental bercampur darah melalui vagina. Selama masa kehamilan serviks Anda tertutupi oleh lendir kental, namun mendekati proses persalinan serviks Anda akan membesar dan membuat jalan keluar melalui vagina.

Warna lendir yang keluar tidak sama dari setiap wanita, ada yang bening, pink atau merah kental. Lendir yang keluar ini tidak harus menjadi tanda awal persalinan tiba karena lendir yang keluar bisa jadi di sebabkan karena hubungan intim pada saat hamil atau pemeriksaan serviks.

4. Frekuensi buang air kecil meningkat. Beberapa saat sebelum persalinan, bayi akan turun ke tulang panggul Anda dan merangsang untuk banyak buang air kecil, sebaiknya Anda harus jeli saat seperti ini karena air yang keluar belum tentu air seni bisa jadi itu adalah air ketuban yang sudah pecah, oleh karena itu sebaiknya segera di periksakan ke dokter ahli agar segera di ketahui air seni atau air ketuban.

5. Munculnya kontraksi braxton hicks. Kontraksi braxton hicks adalah kontraksi yang kadang muncul dan segera pergi di perut dan pangul. Perut terasa mengencang sesaat kemudian hilang lagi, hal ini berlangsung dengan waktu sekitar 30 hingga 125 detik.

6. Perubahan pada serviks Anda. Jaringan pada serviks Anda akan semakin elastis, jika sebelumnya Anda pernah melahirkan normal maka serviks akan semakin mudah dan cepat melebar sekitar satu hingga dua sentimeter sebelum persalinan di mulai. Namun jika Anda baru kali ini menjalani proses persalinan normal pelebaran serviks bukan jaminan awal proses persalinan, kadang di butuhkan pengguntingan sedikit agar lebih mudah.

7. Air ketuban telah pecah. Tanda yang paling umum terjadi adalah saat air ketuban telah pecah, saat masuk pada tahap ini Anda harus dekat dengan dokter ahli karena sedikit waktu proses persalinan tiba. Kadang ada beberapa wanita yang merasakan munculnya kontraksi saat air ketuban pecah namun ada juga yang tidak merasakan.

Bagi yang tidak merasakan, harus segera mendapatkan proses induksi untuk penyelamatan bayi, karena air ketuban yang selama ini melindungi bayi selama di dalam kandungan telah habis, kemungkinan besar hanya memerlukan waktu kurang dari 24 jam dari peroses persalinan tiba.

Perubahan Secara Emosional

Emosional bunda kadang tidak terkontrol saat masuk pada masa mendekati persalinan oleh karena itu cobalah untuk meredanya dan bersabarlah. Perubahan secara emosional seperti ini muncul seperti saat pada pramenstruasi. Hal ini adalah wajar karena adanya peningkatan hormon tertentu yang menyebabkan sikap emosional bunda susah terkontrol.

Petunjuk Dokter Saat Mendekati Masa Persalinan

Jika usia kehamilan sudah mendekati proses persalinan, sebaiknya lakukanlah persiapan selengkapnya untuk bekal nanti di rumah sakit, sehingga jika nanti tanda itu sudah muncul Anda akan langsung membawa perbekalan tersebut dengan mudah dan cepat.

Biasanya proses persalinan akan terjadi ketika usia kehamilan sudah menginjak 9 bulan atau 40 hari. Namun kadang ada juga yang tidak persis sama dengan waktu itu, karena waktu juga tidak bisa di pastikan Anda hanya bisa memperkirakan saat yang tepat untuk proses persalinan tiba.

Selain suplemen atau multivitamin kusus yang telah di sediakan dokter selama masa kontrol, biasanya dokter akan memberikan tips sederhana untuk persiapan persalinan nanti, berikut yang bisa Anda lakukan sebelum persalinan tiba.

* Sediakan tas besar yang berisi pakaian dan perlengkapan mandi.

* Buku atau majalah atau apapun yang bisa menemani Anda dalam menunggu proses persalinan tiba.

* Makanan ringan yang sehat.

* Perlengkapan bayi.

* Air mineral yang cukup.

* Bantal kecil dan selimut yang nyaman.

* Tambahannya, jika Anda ingin mengabadikan momen istimewa tersebut, Anda bisa mempersiapkan kamera video atau hand phone lengkap yang terisi baterai penuh plus power bank terbaik. Karena saat istimewa ini langka dan tidak bisa di putar balik lagi.

Simpanlah semua barang tersebut dalam tas tersendiri dan letakkan di tempat yang mudah terjangkau pada saat darurat tiba. Anda juga harus mempersiapkan siapa yang akan menemani Anda pada saat persalinan, suami, ibu, kakak, adik atau siapapun yang bisa membuat nyaman diri Anda.

Dengan mengetahui saat yang tepat untuk proses persalinan dan persiapan yang matang akan memudahkan Anda dan membuat situasi proses persalinan berhasil lancar sampai akhir dengan mudah.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status