5 Manfaat Olahraga Panahan Untuk Kesehatan dan Kekuatan

5 Manfaat olahraga panahan untuk kesehatan dan kekuatan5 Manfaat Olahraga Panahan Untuk Kesehatan dan Kekuatan - Olahraga panahan meskipun sudah lama ada namun hingga kini masih kurang populer masyarakat. Sangat di sayangkan kalau olahraga ini terlewatkan begitu saja, karena ternyata olahraga ini banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Belajar memanah memang membutuhkan pendampingan tenaga ahli, agar tidak melanggar tehnik atau aturan memanah sehingga tidak membahayakan bagi orang lain maupun dirinya sendiri. Olahraga yang menyatukan fisik dan konsentrasi ini ternyata juga di gemari oleh Presiden Indonesia yaitu Joko Widodo.

Beliau tampak menghadiri kejuaraan panahan di Bogor Terbuka Januari 2017 lalu ( Bogor Open Archeri Championship ), bapak presiden sangat menikmati olahraga tersebut dan mengambil Ronde Nasional 20 meter umum. Menurut beliau Olahraga panahan ternyata banyak memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kita.

Berikut Manfaat Olahraga Panahan Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kekuatan Seperti Yang di Lansir Oleh Archery.com

Mulailah untuk melakukan olahraga ini karena akan membawa manfaat yang baik bagi kesehatan dan kekuatan, tidak hanya tubuh tapi juga otak.

1. Fokus

Olahraga panahan akan memberikan pembelajaran bagi peserta untuk menguasai keadaan atau situasi yang ada di sekitarnya, fokus dan fokus adalah langkah terbaik untuk melepaskan anak panah dan melesat ke arah tujuannya.

Hal ini akan mendidik kita dalam menjalani kehidupan setiap hari, dengan lebih fokus akan memberikan dampak yang lebih maksimal dalam bekerja atau melakukan apapun yang kita mau dalam berbagai bidang tertentu. Selain itu berkompetisi untuk meraih yang terbaik adalah sangat positif bagi perkembangan kesehatan dan kekuatan tubuh kita.

2. Kekuatan

Di atas kita sudah singgung bahwa panahan akan memberikan kekuatan pada tubuh kita, bagian tubuh yang banyak mendapat respon adalah lengan, tubuh, tangan, dada juga otak lebih terlatih untuk fokus. Olahraga ini juga merangsang untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh dalam segala kondisi.

3. Percaya Diri

Dalam olahraga ini Anda bisa belajar melawan diri sendiri dan orang lain secara sportif dan sehat, tidak hanya untuk menang tapi juga untuk membangun meningkatkan kepercayaan diri dan tangguh dalam medan apapun.

4. Relaksasi

Percaya atau tidak, olah raga ini dapat meredakan tingkat stres yang di derita seseorang. Menarik dengan kekuatan penuh, pertahankan, bidik dan fokus untuk segera melepaskan anak panah, terbang dan menancap ke papan sasaran adalah suatu irama pembawa relaksasi tubuh yang dalam keadaan tidak stabil atau stres.

Dalam olahraga ini kita akan mendapatkan banyak pelajaran mulai dari menata postur tubuh sampai dengan membangun kepercayaan diri yang optimal karena akan merangsang keluarnya hormon tertentu yang bikin bahagia.

5. Meningkatkan Koordinasi

Olahraga ini akan membantu kita untuk meningkatkan koordinasi antara tangan, mata, balance, posisi tubuh, posisi kaki dan lainya. Sehingga akan di dapatkan posisi tubuh yang seimbang dan menghasilkan kekuatan dalam menggenggam, menarik dan melepaskan anak panah dengan baik. Jika sudah terbiasa maka akan di lakukan dengan cepat, terarah dan hasil yang terbaik.

Selain manfaat di atas ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan, seperti meningkatnya fleksibilitas tangan dan jari, meningkatkan kesabaran dan meningkatkan sosial terhadap sesama. Olahraga ini juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh Anda sehingga tidak mudah terserang sakit. 

Panahan adalah olahraga yang menuntut lebih banyak aktifitas fisik, oleh karena itu jika Anda berminat untuk mulai latihan panahan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kesehatan apalagi jika memiliki riwayat penyakit tertentu.

Jangan lupa untuk menggunakan pelindung dada, jari dan lengan untuk meminimalisir cidera, perhatikan instruksi dari pelatih dan jangan terlalu cepat menyimpulkan instruksi yang di berikan, bertanyalah jika ada dari materi yang kurang di mengerti dan berhentilah berlatih jika terasa sakit di bagian tubuh tertentu dan berkonsultasi pada ahlinya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

4 comments:

  1. Padaha olahraga ini tdk begitu banyak mengeluarkan keringat yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mengangkat peralatanya saja berat, belum lagi menarik dan mempertahankan posisi tubuh agar tetap stabil tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi,,

      Delete
  2. Saya belum pernah sekalipun mencoba olahraga panahan, padahal ingin sekali mencobanya. Sepertinya seru dan dapat melatih konsentrasi..Tx infonya mas. salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Husni, olahraga panahan ini selain dapat menghibur juga menyehatkan, silahkan di coba mas

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape