7 Alasan Buah Plum Sangat Baik Untuk Kesehatan

7 Alasan buah plum sangat baik untuk kesehatan7 Alasan Buah Plum Sangat Baik Untuk Kesehatan - Buah mungil berbentuk bulat yang kaya antioksidan ini banyak di tanam di China, buah plum terbagi menjadi tiga kelompok dari banyak varietas, yaitu Eropa - Asia (Prunus domestica), Jepang (Prunus salicina), Damson (Prunustitia).

Buah plum yang memiliki cita rasa manis dengan aneka warna ini masih termasuk keluarga besar buah persik, ceri dan almond. Buah ini dapat di konsumsi dalam keadaan segar maupun sudah di keringkan, atau bisa juga di buat selai, jeli dan resep lain.

Artikel lain:
4 Manfaat bayam merah yang layak mendapat apresiasi
9 Manfaat buah malaka untuk kesehatan dan kecantikan 

Buah plum yang manis ini kaya nutrisi yang dapat menunjang kesehatan kita, selain kaya antioksidan juga mengandung lebih banyak lagi yang lain. Satu cangkir plum cincang sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap tubuh kita, vitamin-C 26 persen, vitamin-K 13 persen, vitamin-A 11 persen, serat, air, mineral dan nutrisi penting lainya yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, mata, ginjal dan organ vital lain.

Berikut ini 7 Alasan Kuat Buah Plum Sangat Baik Untuk Meningkatkan Kesehatan

1. Meningkatkan Pencernaan

Buah Plum sangat baik untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan kita, karena buah ini mengandung serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Adanya serat ini membantu memperlancar proses pembuangan veses dari usus besar ke anus, selain itu juga mempermudah pembuangan plak berlendir dan racun, serat justru banyak di temukan di kulit.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang sangat dominan membuat buah plum menjadi alternatif terbaik untuk meningkatkan sistem imun. Dalam 100 gram buah plum sudah cukup mengandung 16 persen vitamin C yang di sarankan dalam kebutuhan setiap hari.

Tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C (asam askorbat) sendiri, karena kurangnya enzim yang di kenal sebagai gluconolactone oksidase, itu berarti kita harus datangkan dari sumber makanan lain seperti buah, sayur dan suplemen.

Konsumsi banyak buah plum akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit dan tubuh kita selalu sehat. Tidak hanya itu nutrisi dari buah ini juga akan menjauhkan Anda dari stres dan rasa cemas.

3. Mendukung Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Buah ini juga mengandung fitonutrien yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh termasuk otak yang merupakan pusat semua aktifitas hidup. Buah plum di ciptakan untuk mengobati penyakit Alzheimer, penyakit parkinson, dan berbagai gangguan neurodegeneratif yang biasanya terjadi pada usia lanjut.

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan tahun 2015 lalu melalui The British Journal of Nutrition menemukan bahwa, buah plum yang di konsumsi secara teratur setiap hari akan mengurangi tingkat stres oksidatif dan meningkatkan fungsi kognitif karena tingginya kandungan polifenol, antioksidan, vitamin dan mineral.

4. Menurunkan Kolesterol

Buah plum kaya serat yang larut dalam air sehingga membantu meluruhkan kolesterol dalam tubuh dan meminimalisir kadar LDL (kolesterol jahat) dalam sistem kardiovaskuler. Buah plum juga membantu menurunkan tingkat asam empedu dalam tubuh kita yang dapat meningkatkan kinerja fungsi hati lebih efisien dan maksimal.

5. Anti Sel Kanker

Salah satu zat yang terkandung di dalam buah plum sangat efektif melawan berbagai sel kanker, zat tersebut adalah epicatechin. Karena kandungan zat tersebut buah plum banyak di konsumsi penderita kanker karena dapat mematahkan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker tersebut.

Fitonutrien dan antioksidan yang kuat telah membuktikan bahwa sel kanker payudara yang di derita seseorang dapat mengalami perubahan yang signifikan dan semakin lama semakin kecil dan mati. Nutrisi buah plum juga membantu meningkatkan kesehatan sel normal dan menghambat pertumbuhan jaringan abnormal.

6. Mengatasi Masalah Obesitas

Telah di sebutkan di atas bahwa plum kaya serat, selain untuk meningkatkan kesehatan pencernaan juga bermanfaat untuk mengatasi obesitas. Buah plum sangat cocok bagi Anda yang menjalani proses diet sehat.

Nutrisi buah plum juga bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik, kita ketahui bahwa orang yang mengalami obesitas rentan terkena berbagai penyakit berat lain seperti strok, jantung, diabetes dan penyakit lain, dengan zat bioaktifnya buah ini bermanfaat untuk itu.

7. Bermanfaat Untuk Bunda Yang Sedang Hamil

Buah plum banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan bunda dan janin, nutrisi buah ini akan membantu proses perkembangan dan pertumbuhan janin dengan sempurna seperti tulang, mata, gigi dan organ vital lainya. Konsumsilah buah plum dalam keadaan segar namun sebaiknya jangan menggunakan gula.

Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati, oleh karena itu konsumsi buah plum setiap hari akan menjaga kondisi kesehatan Anda lebih aman lagi. Itulah 7 manfaat utama dari buah plum yang berguna untuk meningkatkan derajat kesehatan kita.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


2 comments:

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status