Cara Alami Mengurangi Kerontokan Rambut

Cara alami paling tepat untuk mengurangi kerontokan rambutCara Alami Mengurangi Kerontokan Rambut - Kerontokan rambut adalah salah satu masalah yang paling di keluhkan oleh banyak orang, kejadian ini sangat mengkhawatirkan dan membuat hati tidak nyaman.

Sebaliknya, tentu banyak orang yang mendambakan rambut yang lebat, sehat dan mudah di atur, sehingga banyak yang mereka lakukan untuk mendapatkan kembali mahkota yang indah dan menawan.

Beberapa penyebab kerontokan rambut adalah kesalahan dalam memilih shampo dan tingkat stres yang cukup tinggi, kesalahan dalam merawat rambut yang tidak dapat menyesuaikan dengan jenis kulit kepala juga menjadi penyebabnya sehingga rambut mudah berketombe dan rontok.

Artikel lain:
Makanan terbaik untuk kesehatan rambut
Perawatan rambut selama kemoterapi 

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan rambut kita agar kembali lebat, sehat dan tidak mudah rontok, sehingga membangun kepercayaan diri kita menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Berikut Cara Alami Mengurangi Kerontokan Rambut Dengan Mudah

Sebenarnya ada banyak cara untuk merawat rambut agar lebih sehat, kuat dan tidak mudah rontok baik medis maupun herbal, namun perawatan herbal masih menjadi pilihan lebih banyak orang, di samping ekonomis, mudah di dapat dan hasilnya pun memuaskan.

1. Pijatan Lembut di Kulit Kepala

Selain untuk memperkuat akar rambut juga merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat dan lebat. Anda bisa memijatnya dengan menggunakan minyak Zaitun, Almond atau minyak Kelapa yang sudah di hangatkan.

Pijatlah kulit kepala Anda dengan mengunakan ujung jari secara lembut dan berulang dan biarkan sekitar 10 hingga 15 menit sebelum di basuk dengan air bersih. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan folikel rambut.

2. Memanfaatkan Jus Bawang

Jus bawang mengandung banyak zat sulfur yang bermanfaat untuk meningkatkan konsumsi oksigen ke folikel rambut dari darah, selain itu membantu merangsang pertumbuhan rambut baru dan mengurangi terjadinya peradangan.

Jus bawang yang bersifat anti bakteri akan menyingkirkan kuman dan bakteri di rambut dan kulit kepala yang dapat menginfeksi dan menyebabkan kerontokan rambut.

3. Teh Hijau Segar

Teh hijau yang segar akan membantu merevitalisasi folikel rambut dan merangsang tumbuhnya rambut baru, hal ini juga akan meningkatkan metabolisme dan sirkulasi peredaran darah di sekitar kulit kepala, sehingga dapat mempermudah pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut yang sudah ada.

4. Memanfaatkan Jus Buah Bit

Buah bit yang warnanya merah ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan fitalitas rambut dan kesehatan kulit kepala. Jus buah bit akan membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda dari dalam dan mempertahankan kesehatan rambut.

Anda bisa memasukkan buah ini dalam program diet sehat, tidak hanya tubuh yang sehat namun juga rambut dan kulit kepala ikut sehat juga.

5. Meditasi

Meditasi memang terkesan tidak ada hubungannya dengan kesehatan rambut, tetapi dengan meditasi ada keseimbangan antara jiwa, mental dan fisik sehingga akan meminimalisir tingkat stres dan menghasilkan ketenangan batin yang kuat. Meditasi akan meminimalisir timbulnya iritasi dan kerusakan rambut karena menjauhkan kita dari stres.

6. Aloe Vera

Sudah sejak dulu Aloe vera di percaya untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan rambut, hal ini di karenakan aloe vera memiliki zat yang sangat mendukung pertumbuhan rambut. Buatlah jus aloe vera dan gunakan untuk keramas, lakukan ini sambil memberikan pijatan lembut di kulit kepala maka akan terasa lebih nyaman dan segar yang merangsang untuk memperkuat akar dan melebatkan rambut.

7. Membuat Ramuan Daun Neem

Pohon neem yang kebanyakan hidup di negara tropis ternyata banyak manfaatnya untuk meningkatkan derajat kesehatan rambut. Daun neem tidak hanya mengatasi kerontokan rambut tapi juga sebagai anti inflamasi, anti bakteri dan anti jamur, ekstrak daun neem juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe.

Cara membuatnya:

Ambil beberapa lembar daun neem dan giling sampai halus, didihkan dan aduk hingga membuat semacam pasta, setelah hangat buatlah untuk keramas (Sebelumnya keramas dulu dengan shampo) dan pijit halus kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama sekitar 30 menit setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan hal ini dua kali dalam seminggu. Dan Anda akan melihat hasil yang luar biasa pada rambut Anda.

8. Membuat Ramuan Buah Amla (Gooseberry India)    

Selain cara di atas, untuk mengurangi kerontokan rambut bisa dengan mebuat ramuan dari buah Amla atau gooseberry india, buah Amla ini banyak di dapatkan di daerah tropis seperti India, Malaysia, Indonesia dan lainya.

Buatlah ramuan dari buah Amla lalugunakan untuk keramas sambil memberikan pijitan halus ke kulit kepala, lakukan hal ini berulang selama sekitar 15 hingga 30 menit setelah itu bilas dengan air bersih. Salah satu masalah kerontokan rambut di sebabkan oleh kurangnya kandungan vitamin C dan amla kaya vitamin C.

9.  Putih Telur

Mungkin Anda akan mengira bahwa ini adalah trik yang paling kotor dan menjijikkan untuk menerapkanya pada rambut, tetapi percayalah ini akan menjadi salah satu trik terbaik untuk mengurangi kerontokan rambut Anda.

Caranya membuatnya:

Ambil dua atau tiga telur dan ambil putihnya saja dan tuangkan ke dalam mangkuk, lalu campurkan dengan yoghurt dua sendok makan atau bisa juga dengan menambahkan dengan bubuk daun neem. Setelah itu aduk sampai rata dan buatlah untuk keramas sambil memberikan pijitan halus di kulit kepala, lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam seminggu niscaya Anda akan melihat keajaiban terhadap rambut Anda.

Seperti yang telah di sampaikan di atas bahwa untuk mengurangi kerontokan rambut tidak hanya dengan cara herbal saja namun ada juga dengan cara yang lebih modern tetapi semua itu adalah pilihan saja, Anda bisa memilih cara yang tepat untuk merawat rambut Anda menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah rontok.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com