Makanan Yang Di Larang Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Makanan yang di larang bagi penderita asam urat dan kolesterolMakanan Yang Di Larang Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol - Jika dokter memvonis Anda terdapat kolesterol yang tinggi dalam darah maka tidak menutup kemungkinan Anda pun juga beresiko terkena asam urat. Oleh karena itu kita harus selalu waspada terhadap setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Asam urat merupakan radang sendi yang biasanya terdapat pada sendi jari kaki, jempol dan persendian lain, meskipun tidak menyebabkan kematian namun hal ini cukup menyiksa penderitanya bahkan cacat permanen.

Muncul rasa sakit, nyeri, kaku, perih dan bahkan bengkak. Asam urat ini timbul karena adanya penumpukan kolesterol dalam darah yang terdapat pada pesendian kaki dan pembuangan melalui urine yang sedikit. Selain itu asam urat biasanya karena kelainan genetik yang di turunkan dari orang tua penderita.

Menurut ahli reumatologi, bahwa penyakit asam urat selalu berhubungan dengan masalah metabolisme, salah satunya dalah kolesterol. Jadi, kadar kolesterol tinggi juga bisa menjadi pemicu munculnya penyakit asam urat.

Artikel lain:
Makanan sehat untuk diet kolesterol tinggi
Nutrisi buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan

Salah satu cara untuk menjaga kadar kolesterol dan asam urat dalam darah tetap stabil adalah menjalankan pola hidup sehat, di antaranya menjalankan olahraga rutin, meskipun tidak lama (15 sampai 25 menit) sudah cukup dan menjaga pola makan setiap hari.

Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat dalam darah menjadi semakin tinggi, sehingga jenis makanan ini harus di hindari.

Berikut Beberapa Makanan Yang Di Larang Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

1. Jeroan 

Jenis makanan yang terdiri dari organ binatang ini antara lain usus, hati, rempela, kikil, ginjal, kelenjar timus, babat, paru, otak dan banyak lagi yang lain adalah sumber zat purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah cepat naik. Purin adalah senyawa tertentu yang terdapat pada makanan yang apabila pecah akan membantu meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat dalam darah.

2. Seafood

Beberapa makanan lain yang mengandung purin yang sangat tinggi adalah seafood, di antaranya kerang, lobster, makarel, tuna, herring, tenggiri, sarden, ikan teri, cumi, ikan kembung dan yang lainya. Seafood adalah makanan berpurin tinggi sehingga harus di hindari bagi penderita asam urat dan kolesterol.

Dalam 85 gram lobster terdapat 61 mg kolesterol, apalagi jika di goreng dengan minyak goreng yang berkolesterol dan Anda makan lebih dari satu ekor, jelas akan memicu kadar asam urat dan kolesterol dalam darah yang sangat merugikan bagi kesehatan.

3. Daging atau Ekstrak Daging

Penderita kolesterol atau asam urat sebaiknya mengurangi konsumsi daging atau ekstrak daging, karena dapat meningkatkan kadarnya di dalam darah. Jika Anda ingin mengkonsumsi daging sebaiknya daging putih saja seperti daging ayam atau kalkun dan perhatikan juga cara memasaknya, lebih baik jangan di goreng dan hindari kulitnya.

Kalau ekstrak daging biasanya terbuat dari daging yang sudah berbentuk bubuk, biasanya untuk meningkatkan rasa daging atau kaldunya. Ekstrak daging juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat sehingga harus di hindari. Ekstrak daging lainya seperti dendeng dan abon.

4. Minuman Yang Mengandung Alkohol

Alkohol atau makanan yang banyak mengandung alkohol sangat tidak bersahabat dengan penderita kolesterol dan asam urat. Alkohol mempersulit pembuangan purin melalui urine sehingga banyak menumpuk di dalam darah dan meningkatkan resiko asam urat.

Minuman beralkohol seperti bir, sangat kaya zat purin yang tidak hanya memperkuat asam urat tetapi juga memicu dehidrasi yang merangsang munculnya rasa sakit, nyeri dan kaku pada persendian jari kaki.

5 Gula

Meskipun kadar purin dalam gula sangat rendah, sangat di sarankan untuk membatasi konsumsi gula, agar konsentrasi asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil. Tidak hanya itu, gula juga dapat menyebabkan diabetes dan obesitas.

Cara sederhana dan paling mudah untuk mengetahui kadar gula dalam darah berlebihan atau tidak, kita bisa melihat lokasi tempat buang air kecil yang biasanya kita gunakan, apakah terdapat semuat? kalau terdapat semuat berarti kadar gula kita cukup tinggi dan harus di stabilkan.

6. Belut

Selain makanan di atas, satu lagi daging yang sebaiknya di kurangi bahkan di hindari, adalah belut. Di dalam 10 gram daging belut terdapat LDL (Low Densisty Lipoprotein) 185 mg. Oleh karena itu lebih baik di hindari daripada menanggung resiko yang sangat merugikan kesehatan.

7. Beberapa Pizza

Masyarakat kita tidak sedikit yang menyukai makanan khas Italy ini, ternyata dalam secuil pizza juga terdapat sekitar 4,4 gram lemak jenuh yang tidak bersahabat dengan darah kita. Lebih baik menghindari jenis makanan ini jika ada indikasi asam urat atau kolesterol jahat, demi menjaga kesehatan tetap terjaga. 

8. Sayur ber-Purin Tinggi

Meskipun kadar purin dalam sayur ini tidak terlalu tinggi, kita tetap di sarankan untuk membatasinya, agar gout (serangan ulang) tidak terjadi, dan para peneliti pun juga memberikan kebebasan bagi penderita asam urat atau kolesterol yang suka sayur.

Beberapa sayur yang memiliki kadar purin tinggi di antaranya adalah kacang polong, asparagus, jamur, bayam, kembang kol, melinjo dan buahnya dan beberapa yang lain. Jadi intinya sayuran yang mengandung purin tidak terlalu berbahaya bagi penderita asam urat dan kolesterol tetapi tetap harus di jaga asupan purin ke dalam tubuh kita.

Jadi tubuh kita bisa sehat dengan menjaga kondisi darah dalam keadaan sehat pula. Selain olahraga biasakan pula menjalankan pola hidup sehat dan jangan lupa banyak minum air mineral (air putih). Itulah beberapa makanan yang di larang atau sebaiknya di hindari jika Anda menderita asam urat dan kolesterol.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape