8 Kebiasaan Yang Dapat Menguras Energi Tanpa Kita Sadari

8 Kebiasaan yang dapat menguras energi8 Kebiasaan Yang Dapat Menguras Energi Tanpa Kita Sadari - Agar dapat melakukan suatu aktifitas dengan baik dan maksimal tentunya tubuh kita membutuhkan energi yang cukup, kalau tidak maka tubuh akan terasa lemah dan tidak bertenaga.

Setiap hari kita melakukan aktifitas, baik bekerja, belajar dan sebagainya, hal ini pun membutuhkan energi agar bisa terlaksana, dan aktifitas yang padat membutuhkan pembagian energi yang benar dan tepat agar tidak terlalu boros atau sebaliknya.

Ada beberapa aktifitas setiap hari yang tanpa kita sadari ternyata dapat menguras tenaga yang lebih banyak dan bikin kita cepat lemah, oleh karena itu di butuhkan penghematan tenaga agar dapat menjalankan aktifitas lain yang lebih berkualitas dan memperoleh hasil yang maksimal, lalu apa saja aktifitas tersebut?

Berikut Aktifitas dan Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Dapat Menguras Energi

1. Stres Berlebihan

Hampir setiap orang tidak dapat menghindari dari stres, kondisi yang membuat hati kita tidak tenang tersebut dapat menghinggapi setiap orang entah itu karena jalanan macet, di kejar deadline, kerjaan menumpuk, studi, asmara dan sebagainya.

Stres yang berlebih dapat berdampak pada kondisi psikologis kita, rasa cemas yang di timbulkan tersebut membuat kawatir atau beban tersendiri yang bikin kepikiran yang berkelanjutan. Akhibatnya energi kita akan terkuras habis dan bisa jadi berat badan menjadi turun drastis.

2. Sensitif Berlebihan

Jangan terlalu sensitif terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita jika tidak ingin energi kita cepat habis dan bikin berat badan turun, biasanya kalau orang yang terlalu sensitif, informasi apapun yang dia dengar terlalu cepat di terima dan mengapresiasi buruk terhadap apa yang dia dengar. Jadi, seolah olah keburukan tersebut di tujukan kepadanya, akhibatnya, dia merasa tersinggung dan menjadikan beban tersendiri yang dia tanggung.

3. Terlalu Lama Memainkan Gadget

Kehadiran gadget sangat merubah pola hidup banyak orang, hubungan di antara keduanya sangat intim bahkan ada yang sampai melupakan tugas dan kewajiban setiap hari. Bermain gadget terlalu lama membuat otak terlalu lelah mengikuti kehendak Anda.

Terlalu lama memaikan gadget seperti smartphone sangat berpotensi menguras energi dan akan mengurangi berat badan Anda secara tidak Anda sadari. Selain itu mata juga akan terasa perih dan kering karena cahaya layar gadget sangat kuat melekat di mata apalagi kalau bermain gadget pada ruang gelap.

Artikel lain:
Smartphone bikin mata sakit dan cepat kering
5 Tips mengatasi radiasi komputer

4. Kurang Minum Air Mineral

Tubuh kita 95 persen terdiri dari air, kalau kita kurang dalam mengkonsumsi air mineral maka akhibatnya jelas akan fatal, karena kita semua tahu bahwa setiap akifitas membutuhkan energi atau kekuatan yang cukup.

Kekurangan air dalam tubuh kita memang akan berdampak dehidrasi yang tidak terlalu mengancam jiwa namun darah akan menjadi lebih kental dari biasanya, salah satu akibat yang akan terjadi adalah jantung akan memompa darah terlalu berat sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh terhambat, hal ini sangat beresiko munculnya berbagai penyakit jantung dan organ vital lain seperti ginjal hati dan sebagainya.

Akhirnya jantung akan membutuhkan energi yang lebih besar untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuh, karena pemborosan energi ini sehinga tubuh Anda akan cepat merasa lelah, letih, lesu dan tidak bersemangat.

5. Meninggalkan Sarapan Pagi

Terlalu banyak di antara kita yang selalu meningalkan sarapan pagi yang sangat penting untuk menunjang kesehatan kita itu pun lengkap dengan berbagai alasan seperti waktu tidak cukup, belum lapar, sarapan tidak penting dan alasan lainnya.

Perlu di ketahui bahwa pelaku diet sekalipun masih memerlukan sarapan pagi apalagi kita yang tidak menjalankan program diet sehat. Sarapan pagi itu penting untuk menimbun energi dalam tubuh, bagaimanapun juga setiap aktifitas yang kita lakukan di siang hari akan membutuhkan tenaga atau energi dari sarapan pagi itulah yang di manfaatkan. Jadi luangkan sejenak untuk sarapan pagi agar tidak lemas di siang harinya.

6. Kebiasaan Tidur Larut Malam

Saat terjaga tubuh akan selalu memanfaatkan energi yang ada, dan jika aktifitas yang Anda lakukan terlalu padat atau sekedar menghabiskan waktu bersama teman di warung kopi sampai larut malam maka jam tidur Anda akan sedikit.

Tidur larut malam akan menguras energi tubuh Anda akhibatnya berat badan akan turun dan bisa jadi tubuh Anda akan menjadi lebih kurus dari biasanya. Bangun pagi memang terasa lebih segar dan menyenangkan jika waktu tidur memang teratur, tetapi kalau Anda tidur larut malam akan sangat tidak cocok jika bangun terlalu pagi, karena waktu istirahat akan terpotong.

7. Terlalu Banyak Waktu Tidur Siang

Tidur siang yang terlalu lama akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak berenergi, sebenarnya tidur yang berkualitas adalah tidur sesaat yang kadang hanya sebentar, setelah terbangun kita lalu melanjutkan aktifitas yang sempat terhenti.

8. Kurang Rasa Syukur

Selalu mengeluh akan menguras energi Anda setiap hari. Tubuh lemah, letih dan lesu bisa jadi ini karena kurangnya rasa syukur atas rahmat Tuhan yang di berikan kepada kita. Cobalah untuk bersedia menerima dan menikmati atas apapun yang di anugerahkan kepada diri kita.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini dan kita sendirilah yang melengkapi, jangan terlalu berkecil hati karena hampir semua orang memiliki masalah yang sama, tentang apapun masalah duniawi. Cobalah berbesar hati, tegar dan menjadi diri sendiri yang berpotensi, hal ini bukan hanya untuk diri Anda sendiri tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

6 comments:

  1. Yang nomor 8 itu sering, sebentar bersyukur sebentar mengeluh karena godaan itu selalu ada agar manusia lupa untuk bersyukur jadi stress dan menguras cukup energi, postingan keren gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih apresiasinya, sama Gan, admin blog ini juga kadang sering khilaf, kurang bersyukur dan menggerutu, masih perlu banyak belajar lagi biar tetap stabil kesehatanya.

      Delete
  2. o ternyata gadged juga bisa menguras energi ya mas.
    saya baru tau nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas yanto, kalau keseringan bermain gadget mendingan di kurangi saja durasinya biar energi kita gak boros,,

      Delete
  3. Pantesan saya sering merasa letih, lesu dan lemah, jadi saya kurang minum toh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh,, tambahin minum air mineralnya mas Dzaky

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape