Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Cara menurunkan berat badan setelah kehamilanCara Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan - Biasanya berat badan akan naik secara drastis setelah kehamilan, dan ini akan membawa perubahan fisik yang sangat dominan bagi bunda.

Mungkin perubahan fisik ini akan menurunkan kepercayaan diri Anda karena penampilan menjadi tidak menarik dan sebagainya. Kalau sudah demikian paling tidak bunda harus mengurangi berat badan 5 hingga 15 kg dan bahkan jika Anda ceroboh bisa lebih dari itu.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Berat badan yang naik tidak langsung bisa di turunkan, namun harus melalui proses secara bertahap dan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan bunda. Bersabarlah dan tenang! jangan stres karena berat badan naik.

Anda cukup memantau makanan yang di konsumsi setiap hari dan jangan lupa selalu menggerakkan badan meskipun hanya 20 atau 25 menit asalkan rutin di lakukan setiap hari, bunda bisa pilih senam atau sekedar joging di pagi hari tentunya setelah kondisi bunda pulih kembali.

Kalau hal ini di lakukan dengan disiplin dan tidak makan sembarangan maka Anda cukup memerlukan waktu 3 hingga 6 bulan untuk mendapatkan tubuh indah Anda kembali sempurna dengan berat badan yang ideal, namun jika Anda sebelumnya sudah mengalami obesitas tentu saja Anda harus bekerja lebih banyak agar tubuh kembali sempurna.

Jadi, sebenarnya hanya ada tiga kunci agar dapat menurunkan berat badan setelah kehamilan, dan hal ini tidak berat jika Anda serius untuk melakukannya. Tiga hal itu adalah diet, olah raga atau aktifitas fisik dan menyusui.

Tiga hal ini cukup untuk membentuk tubuh Anda kembali sempurna seperti sedia kala. Diet yang bunda lakukan tidak perlu memilih diet ekstrim namun yang ringan saja dan selalu mengontrol makanan yang di konsumsi setiap hari dan perbanyak makanan bergizi untuk menunjang program diet Anda.

Makanan Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Yap! diet sehat berarti diet yang harus memenuhi gizi dan mengurangi makanan sampah, tidak hanya dalam waktu sementara tetapi juga harus di jalankan dengan disiplin yang kuat, hasilnya pun akan maksimal.

1. Mulailah sarapan pagi dengan menu yang sehat, Anda tidak harus meninggalkan makan di pagi hari ini karena sangat berpengaruh pada kesehatan. Pilihlah makanan dengan nutrisi tinggi seperti sereal gandum, roti gandum, telur, produk susu rendah lemak, buah buahan dan lainya. Sarapan pagi sangat baik bagi siapapun termasuk bunda yang baru menjalani persalinan.

2. Jangan melewatkan makan karena selain untuk memulihkan kondisi bunda juga menyediakan nutrisi bagi bayi Anda, sehingga Anda tetap dalam kondisi energik dan sehat yang terjaga. Dengan demikian Anda bisa mengurus diri sendiri dan bayi dengan benar.

3. Mengurangi makanan sampah dan gula yang dapat merusak kondisi tubuh, namun sebaliknya memperkaya makanan alami seperti sayur dan buah segar.

4. Anda bisa memasukkan daftar makanan sehat seperti berikut untuk menu setiap harinya, Apel, wortel, kerupuk gandum, kelapa, bayam, lobak swiss, brokoli dan makanan sehat lain yang di anjurkan oleh ahli kesehatan dan gizi, juga makanan ringan yang sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari saat terasa lapar.

Dengan tetap mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral maka akan sangat baik untuk menunjang kesehatan Anda dan bayi. Kebutuhan zat besi dan antioksidan bisa menjaga kondisi bayi yang masih lemah. 

5. Hindarilah makanan yang di goreng tetapi pilihlah yang di kukus, di rebus dan di panggang untuk menghindari resiko lemak tak sehat.

6. Jangan tinggalkan makanan super seperti ikan, karena tubuh Anda butuh nutrisi yang terbaik, ikan yang kaya nutrisi dan rendah kalori akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat, selain itu kandungan asam lemak omega 3 dan DHA akan sangat membantu meningkatkan perkembangan otak dan syaraf bayi.

Minuman Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Selain makanan yang harus di kontrol tidak kalah pentingya dengan minuman, kadang secara tidak menyadari minuman yang salah telah di konsumsi padahal berdampak buruk bagi kesehatan bunda dan perkembangan bayi.

1. Untuk mencapai hasil yang maksimal satu hal yang sangat penting adalah banyak minum air. Hal ini untuk menghindari dehidrasi, perut kembung dan membantu proses pencernaan agar lebih baik, selain itu juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh.

2. Menghindari minuman bersoda dan cola apalagi yang mengandung alkohol, minuman ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan perkembangan si buah hati, karena Anda masih menyusui.

3. Lebih memilih jus buah alami tanpa gula dan sebaiknya menghindari jus buah kemasan yang cepat saji karena menghindari berbagai macam zat pengawet dan perasa yang kemungkinan besar terdapat di dalamnya.

4. Anda juga bisa memilih minuman sehat alami yang segar seperti air kelapa hijau dan air lemon, jika Anda ingin rasa manis lebih baik tambahkan madu secukupnya saja, jangan menggunakan gula.

5. Lebih baik membatasi minuman berkafein seperti kopi dan teh, dan akan lebih baik jika memilih teh herbal tanpa pemanis buatan atau gula.

Latihan Yang Dapat Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Jika Anda serius ingin menurunkan berat badan maka wajib hukumnya untuk aktif secara fisik, termasuk setelah melahirkan. Saatnya untuk terlepas dari larangan orang tua atau nenek dalam banyak bergerak yang selalu harus banyak diam di dalam rumah.

Anda bisa memulai dengan berjalan santai di dalam rumah atau halaman rumah, namun jika di temukan ada komplikasi tertentu Anda harus konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, apakah di perbolehkan bergerak setelah kehamilan?

Namun setidaknya Anda bisa menanyakan kepada dokter olahraga apa yang di perbolehkan dan olahraga apa yang harus di hindari.

1. Anda bisa memulai aktifitas berjalan setelah 4 minggu proses persalinan, dokter juga pasti menyarankan hal ini agar tubuh cepat terasa lebih bugar.

2. Awalnya interfal aktifitas ini sedikit namun secara bertahap Anda bisa menambah waktu olahraga ringan ini dengan lebih panjang sampai 45 menit sehari dalam seminggu.

3. Namun jika dengan waktu selama itu Anda masih belum bisa maka dapat di kurangi lebih sedikit dari semula, yang intinya tubuh jangan terlalu terasa lelah. Misalnya, 10-15 menit dalam 3-4 kali sehari.

4. Selain berjalan Anda juga bisa melakukan latihan ringan lain yang di setujui oleh dokter.

5. Intinya, gerakkan tubuh Anda secara teratur dan perlahan, jangan membiasakan terlalu lama duduk atau berbaring. Hal ini akan membuat sirkulasi darah tidak lancar dan cepat jenuh, beberapa aktifitas itu antara lain, menonton TV, membaca buku, koran, tabloid atau majalah, memainkan gadget atau duduk lama di depan komputer. Bangunlah! setelah 30-40 menit duduk lama dan berjalanlah 5-10 menit kemudian.

Menyusui Untuk Menurunkan Berat Badan

Ini adalah unik dan sangat alami, menyusui setelah melahirkan ternyata dapat menurunkan berat badan secara efektif. Namun hal ini kurang di sadari oleh para bunda yang baru saja melahirkan. Sehingga banyak di antaranya yang lebih memilih susu formula daripada susu ASI ekslusifnya.

Menyusui adalah proses membakar kalori di dalam tubuh bunda, sehingga tanpa kita sadari, menyusui dapat menurunkan berat badan bunda setelah proses persalinan. Perlu di ketahui bahwa jika bunda menyusui maka akan terbakar sekitar 500 kalori ekstra dalam sehari, bandingkan dengan mereka yang tidak menyusui.

Meskipun demikian untuk menurunkan berat badan secara efektif setelah melahirkan adalah mengatur pola makan sehat dan ber-olahraga yang di dukung dengan aktifitas menyusui. Menyusui tidak hanya untuk kesehatan Anda saja namun juga memberikan nutrisi terbaik untuk si buah hati.

Tidur Sehat Setelah Kehamilan

Dalam sebuah penelitian menyimpulkan bahwa bunda yang menghabiskan tidurnya di bawah 6 jam setiap sehari lebih banyak mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, namun lebih beruntung bagi mereka yang menghabiskan waktu tidurnya selama 7-9 jam maka lebih mudah menurunkan berat badan.

Jika bunda kurang istirahat atau tidur maka lebih memudahkan hormon kortisol (hormon stres) keluar dan efek samping dari keluarnya hormon ini adalah memicu penambahan berat badan.

Jadi aturlah sedemikian rupa agar kebutuhan istirahat atau tidur Anda tetap teratur dan tercukupi sebaik mungkin, meskipun terlalu banyak tuntutan untuk mengurusi bayi Anda. Bukankah Anda tidak bisa selalu mendampingi bayi Anda setiap saat setiap waktu.

Jangan pernah malu atau ada perasaan tidak enak untuk meminta bantuan kepada anggota keluarga yang lain untuk dapat menjaga bayi Anda sementara Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk tidur atau istirahat dengan leluasa, bila perlu menyewa tenaga orang lain untuk menjaganya.

Sebenarnya mengurangi berat badan setelah kehamilan tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan kesabaran, kemauan dan upaya yang tepat untuk malakukannya, semua itu di lakukan dengan tenang, senang dan rileks, saya rasa ini adalah merupakan kombinasi yang terbaik untuk menurunkan berat badan secara alami dan benar.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com