Cara Membuat Bubur Bayi Usia 6 Bulan

Cara membuat bubur bayi usia 6 bulanCara Membuat Bubur Bayi Usia 6 Bulan - Saat bayi berumur sekitar 6 bulan kadang kita susah menentukan makanan apa yang harus di sajikan karena tidak hanya sekedar makanan bergizi tetapi juga yang aman dan tidak beresiko pada kesehatan buah hati.

Usia sekitar 6 bulan adalah periode terpenting pada perkembangan dan pertumbuhan bayi, hal ini di tandai dengan banyaknya perubahan fisik dan psikologi anak mulai dari menggenggam hingga cara berkomunikasi yang lebih kreatif dari sebelumnya.

Bunda, ASI eklusif yang di berikan untuk sang buah hati akan segera berakhir pada usia ini oleh karena itu bunda harus mulai mengenalkan sang buah hati pada makanan yang lebih padat, artinya bayi Anda mulai memerlukan makanan pendamping ASI yang biasanya di berikan pada anak yang yang lebih dewasa, pengetahuan ini penting sekali terutama bagi bunda yang baru pertama kali memiliki sang buah hati.

Berikut ini Cara Membuat Bubur Bayi Saat Usia Sekitar 6 Bulan

Resep bubur bayi ini sangat memudahkan bunda untuk menyajikan menu bagi sang buah hati, jadi tidak perlu susah lagi dalam memilih makanan apa yang harus di konsumsi. Lima resep di bawah ini bisa menjadi varian pilihan bunda untuk di sajikan, jadi si kecil tidak mudah bosan.

1. Resep Bubur Beras Merah Plus Wortel (Takaran 2 porsi)

Bahan Yang Harus di Sediakan:

* 2 Sendok makan tepung beras merah.

* 100 Mili liter Air matang

* 200 Mili liter ASI atau bisa juga di ganti dengan 2 sdm susu formula 1 yang di larutkan ke dalam 200 cc air.

* 60 gram wortel yang di rebus dan di haluskan.

Cara Membuatnya:

Larutkan tepung beras merah yang sudah di sediakan di atas dengan 100 mili liter air matang, setelah itu letakkan di perapian kecil sambil di aduk hingga merata lalu masukkan wortel yang sudah di haluskan aduk lagi sebentar lalu angkat. Terakhir tuangkan ASI atau susu formula 1 cair yang sudah di siapkan, makanan untuk sang buah hati sudah siap.

2. Resep Bubur Tim Saring Ikan Teri

Bahan Yang Harus di Sediakan:

* Air 625 CC

* Beras 20 gram

* Daun bayam 25 gram

* Tomat 25 gram

* Tempe halus 25 gram

* Ikan teri bubuk 1 sdm

* Minyak sayur 1 sdm

Untuk ikan teri bubuk bunda bisa mendapatkannya dengan membuat sendiri atau membelinya di toko terdekat atau supermarket.

Cara membuat ikan teri bubuk:

Ambil ikan teri secukupnya, cuci bersih dan langsung di sangrai hingga berubah warna menjadi kecoklatan, setelah itu tumbuk halus, kalau sudah selesai bunda bisa menaruhnya di toples untuk persediaan di waktu nanti saat di butuhkan lagi.

Cara membuat tim saring ikan teri:

Satukan beras, air dan tempe halus lalu aduk hingga menjadi bubur, setelah itu masukkan bayam, ikan teri bubuk dan irisan tomat sambil di aduk hingga merata, lalu tambahkan minyak ikan sambil terus di aduk. Setelah itu dinginkan, jika ingin lebih lembut lagi bunda bisa memblendernya atau di saring dengan saringan kawat, setelah itu siap di sajikan.

3. Resep Bubur Wortel plus Jambu Merah

Bahan Yang Harus di Sediakan:

* 100 gr Wortel yang sudah di kupas kulit luarnya dan di potong - potong

* 100 gr Jambu merah yang sudah di kupas kulit luarnya dan di buang bijinya

* 200 ml Air matang

Cara membuatnya:  

Air yang tersedia di bagi tiga, pertama untuk menghaluskan daging jambu biji merah dan sisihkan dengan mangkuk yang telah di sediakan, kedua untuk merebus potongan wortel tadi dan ketiga, air yang tersisa untuk menghaluskan wortel tadi ke dalam blender, setelah halus tuangkan ke dalam bubur jambu biji tadi, hidangan siap di sajikan.

4. Pure Alpukat

Bahan yang Harus di Sediakan:

* 50 gr Alpukat

* 25 CC ASI atau bunda bisa menggunakan susu formula 1

Cara Membuatnya:

Cara membuatnya sangat mudah, 50 gr Alpukat yang sudah di sediakan di bersihkan dan di ambil dagingnya lalu di potong - potong, masukkan ke dalam blender dan campurkan 25 CC ASI atau susu formula cair yang sudah di sediakan, blender sampai halus lalu tuangkan ke dalam mangkuk dan siap untuk di sajikan.

5. Pure Kacang Hijau

Bahan yang Harus di Sediakan:

* 2-3 sdm Kacang hijau

* 200 CC Air bersih

* 50 CC ASI atau bisa menggunakan susu formula

Cara Membuatnya:

Rebus kacang hijau dengan air yang sudah di sediakan hingga matang (sekitar 25 menit), lalu kacang hijau di haluskan dengan penghalus tumbuk (bukan blender), setelah itu di saring untuk mendapatkan yang paling halus dan agar kulit kacang hijau tidak ikut termakan, setelah itu tambahkan ASI atau susu formula cair yang sudah di sediakan, aduk sampai merata dan siap di hidangkan.

Itulah 5 cara membuat bubur bayi yang saat berusia 6 bulan, cara di atas saya rasa lebih baik daripada harus membeli bubur bayi kemasan yang tersedia di toko, karena selain higienis, sehat dan bergizi tinggi juga tidak mengandung pengawet makanan atau zat kimia lain, rasanya pun juga tidak kalah enak dengan yang kemasan. Bagaimana bunda, bermanfaat bukan,,,?

Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape