Kegiatan Yang Dapat Di Lakukan Selama Bulan Ramadhan

Kegiatan yang dapat di lakukan di bulan ramadhanKegiatan Yang Dapat Di Lakukan Selama Bulan Ramadhan - Bagi seluruh umat muslim di dunia, datangnya bulan ramadhan adalah suatu keberuntungan besar, karena di bulan itu setiap amalan kebaikan di lipat gandakan pahalanya, bulan yang penuh berkah dan ampunan, oleh karena itu alangkah lebih baiknya kalau kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan mengisi berbagai kegiatan yang lebih positif.

Dalam keadaan berpuasa kita masih dapat menjalankan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi orang lain, bukankah hal itu mulia? paling tidak, marilah menjalankan sunnah-sunnah yang telah di ajarkan oleh Nabi besar kita Muhammad saw.

Berikut ini Kegiatan Yang Dapat di Lakukan Selama Bulan Ramadhan

Perbanyak kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain niscaya amal ibadah kita akan di lipatgandakan oleh Allah swt.

1. Menyegerakan Berbuka

Menyadari pentingnya berpuasa sehingga menjadi kewajiban yang harus di laksanakan bagi semua umat muslim di dunia, seperti yang tertera pada surah
(Al-Baqarah ayat 183)


Jika saat berbuka puasa telah tiba, maka sangat di anjurkan untuk menyegerakan berbuka, karena di situ terdapat banyak kebaikan dan pahala yang sangat besar, sabda Rasululah,

Artinya: " Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Melaksanakan Makan Sahur

Kadang kita merasa malas makan sahur atau setidaknya sahur dengan sedikit makanan itupun seadanya, namun sebaiknya makan sahurlah sewajarnya sesuai dengan porsi yang kita rasakan.
Artinya: " Makan sahurlah, karena sesungguhnya jika engkau mengetahui pada sahur itu terdapat berkah." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Membaca Al-qur'an (Tilawah)

Kita telah mengetahui bahwa Al-qur'an turun pertama kali di bulan Ramadhan, Nabi kita Muhammad saw juga lebih sering membacanya di bulan ini daripada bulan yang lainya.

Menurut Imam Az-zuhri mengatakan bahwa: " Apabila telah datang bulan ramadhan amalan kita selain berpuasa adalah membaca Al-qur'an, bacalah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tajwid dan tadabur yang ada, pahami dan amalkan apa yang di maksud dalam Al-qur'an tersebut, insyAllah Anda akan menjadi insan yang berkah.

4. Memberi Makan Berbuka Puasa

Alangkah indahnya jika kita saling memberi, budaya memberi menjadi kebiasaan yang dapat kita lakukan setiap hari termasuk di bulan ramadhan, memberi makan kepada orang lain adalah salah satu perbuatan mulia, apalagi orang tersebut menjalankan ibadah puasa dan makanan tersebut untuk berbuka, tidak terbayangkan pahala yang mengalir pada apa yang Anda lakukan. 

 Artinya: "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka pada orang yang menjalankan puasa maka baginyalah pahala seperti orang yang menjalankan ibadah puasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun." (Shohih Nasa'i dan Tirmidzi)

Anda dapat memberi makan berbuka puasa bisa kepada tetangga, anak yatim piatu dan orang lain yang membutuhkannya, tidak hanya itu budaya memberi juga akan lebih baik jika di tujukan kepada orang-orang non muslim yang membutuhkannya.

5. Berdakwah

Memasuki bulan yang mulia ini manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya! berdakwah, adalah salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk memperkuat keimanan kita, berdakwah bukan berarti kita harus naik mimbar dan berceramah saja, namun kita dapat melakukannya langsung dengan orang yang kita ajak berkomunikasi setiap hari, sehingga orang yang kita ajak berbicara tersebut merasa mendapatkan hikmah atau jalan keluar atas apa yang di risaukanya.

Artinya: "Dan hendaklah ada segolongan umat dari kamu yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar dan merekalah orang-orang yang beruntung."
 ( Al-Imran 104)
6. Berdiam diri di Masjid (I'tikaf)

Berdiam diri di dalam masjid bukan berarti tidak ada yang di lakukan, namun duduk bersila khusuk dengan niat beribadah kepada Allah swt. Abu Said Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw pernah ber-i'tikaf pada awal bulan ramadhan, pertengahan bulan ramadhan dan 10 hari terakhir di bulan ramadhan. 

Sayangnya hal ini kurang di amalkan oleh para muslim jaman sekarang, mereka cenderung sibuk dengan aktifitas duniawi yang melalaikan, hal ini di komentari oleh Az-zuhri "Aneh keadaan orang islam saat ini mereka banyak yang meninggalkan i'tikaf padahal Rasulullah tidak pernah meninggalkannya sejak awal datang ke Madinah sampai beliau wafat."

7. Shalat Tarawih

Sholat sunnah yang khas di lakukan pada bulan ramadhan adalah shalat tarawih, hal ini tidak hanya dapat di lakukan di masjid saja namun juga dapat di lakukan di rumah sendiri. Bahkan Rasulullah pun pernah kawatir kalau shalat tarawih ini di anggap menjadi shalat wajib.

Karena semakin banyaknya mereka yang menjalankan shalat tarawih maka beliau kembali ke rumah dan meneruskan shalat terawih di rumahnya. Mungkin karena shalat ini di lakukan hanya pada bulan ramadhan saja jadi banyak orang yang ingin melakukannya.

8. Umrah

Menjalankan ibadah umrah tidak wajib bagi setiap muslim, namun jika Anda memiliki rezeki lebih lakukanlah umrah karena itu adalah kesempatan yang paling bagus untuk melipatgandakan pahala dari Allah swt.

Seorang wanita anshar berkata kepada Ummu sinan, bahwa "Jika telah datang bulan ramadhan hendaklah kamu menjalankan umrah, karena hal itu sama dengan kamu menjalankan umrah bersama Rasulullah saw." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

9. Zakat Fitrah

Semua umat muslim wajib membayar zakat fitrah pada akhir bulan ramadhan, mulai dari bayi yang baru lahir sampai orang dewasa, laki-laki atau pun perempuan. Zakat fitrah di berikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, zakat ini bertujuan untuk mensucikan harta dan diri kita sendiri selama ini.

10. Lailatul qadar

Pada bulan ramadhan ada satu malam yang sangat istimewa, karena di malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. Wow,,, indah sekali bukan? Rasulullah selalu mengingatkan kepada kita untuk mencari malam tersebut yang berada di malam bilangan ganjil pada sekitar 10 hari terakhir di bulan ramadhan.

Rasulullah bersabda, "Barang siapa menjalankan ibadah shalat di malam itu dengan iman, ikhlas dan ihtissab maka semua dosa masa lalunya akan di hapuskan." bahkan beliau menganjurkan kepada kita untuk berdo'a dan berdzikir sebanyak-banyaknya serta memohon ampunan kepada Allah swt.

11. Bertaubat

Untuk bertaubat sebenarnya tidak ada batasan, kapanpun jika kekuatan hati lebih dominan maka kita bisa bertaubat saat itu juga. Namun di bulan yang istimewa ini kita di berikan kesempatan yang lebih baik dari biasanya, berusahalah untuk instropeksi diri atas semua yang telah kita lakukan terutama yang bertentangan dengan hukum alam dan kemanusiaan, kembalilah kepada jalan yang benar dan carilah pembimbingmu.

Itulah kegiatan yang dapat di lakukan selama berada di bulan ramadhan, Tuhan tidak pernah melalaikan hambanya selama hambanya tidak melalaikan Tuhannya. Semoga kita di tetapkan imannya dan di kuatkan serta di teguhkan keyakinannya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

 

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape