Makanan Sehat Untuk Diet Bagi Penderita Maag

Makanan sehat untuk diet bagi penderita maagMakanan Sehat Untuk Diet Bagi Penderita Maag - Semua orang berpotensi terserang penyakit maag, penyakit ini dalam istilah medis di sebut gastritis. Penyakit maag merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada dinding lambung.

Sebelum kita membahas panjang lebar mengenai makanan untuk diet bagi penderita sakit maag terlebih dahulu mari kita bahas mengenai sakit maag itu sendiri.

Dinding lambung yang gastritis mengalami iritasi, pembengkaan, luka atau meradang, hal ini di sebabkan oleh kuman atau bakteri yang bersarang di dalam lambung, bakteri tersebut bernama Helicobacter Pylori.

Bagi penderita maag harus segera mendapatkan penanganan dan pengobatan karena jika terlambat maka akan semakin parah dan berpotensi menyebabkan kanker dinding lambung, kalau sudah demikian justru akan memperburuk kondisi pasien itu sendiri.

Penyakit maag ini di bagi menjadi dua, yaitu maag akut dan maag kronis. Maag akut adalah awal lambung tersebut menderita gastritis dan biasanya lebih sering terjadi, sementara sakit maag kronis adalah yang lebih parah, biasanya terjadi cukup lama hingga menahun.

Sebenarnya mudah untuk menghilangkan sakit maag ini namun kebanyakan masyarakat kita kurang peduli terhadap kesehatan diri termasuk kesehatan lambung dan pencernaan, akhibatnya sakit maag yang di derita semakin parah.

Jika ingin pulih kembali dari sakit ini cukup mengubah pola gaya hidup yang biasanya di lakukan setiap hari dengan pola gaya hidup yang sehat. Pada umumnya sakit maag ini di picu karena tingkat stres meningkat, rangsangan syaraf simpatis NV dan meningkatnya produksi asam klorida di dalam lambung dan pola makan yang tidak teratur.

Gejala Sakit Maag

Umumnya gejala sakit maag akut dengan kronis tidak jauh berbeda, namun sayangnya kadang kita kurang menyadari kalau sedang sakit maag dan baru bisa di ketahui saat gejala maag ini muncul secara dominan, di antaranya adalah.

1. Perut terasa perih dan nyeri terasa seperti terbakar.

2. Kebiasaan bersendawa juga merupakan gejala maag.

3. Nafsu makan menurun.

4. Kadang muncul diare.

5. Rasa ingin muntah karena terasa mual.

6. Perut terasa tidak nyaman.

Gejala seperti ini harus bisa cepat di kenali oleh penderita, karena jika tidak maka akan semakin parah dan membutuhkan penanganan khusus yang berkepanjangan.

Makanan yang di konsumsi bagi penderita sakit maag juga tidak boleh sembarangan, penderita harus selektif terhadap beberapa makanan karena jika salah akan membuat semakin buruk kondisi sakit maag yang di derita.

Makanan Sehat Untuk  Diet Bagi Penderita Maag

Beberapa makanan yang di rekomendasikan untuk di konsumsi bagi penderita sakit maag adalah yang bersifat aman bagi lambung, artinya makanan tersebut mudah di cerna dan tidak mengandung banyak asam.

1. Kentang rebus, makanan ini bersifat alkali setelah melalui proses pencernaan sehingga aman di konsumsi bagi lambung. Selain itu kentang juga menjadi sumber karbohidrat alternatif selain nasi, jagung atau sagu.

2. Pisang kukus, jika Anda suka makan pisang kukus ini adalah salah satu pilihan yang tepat, karena pisang kukus aman bagi lambung dan pencernaan. Sekedar untuk di ketahui ternyata tidak sedikit para pejabat kita yang mengerti tentang kesehatan, beliau selalu menyediakan pisang kukus di tempat kerjanya, seperti Ahok dan pak Jokowi. 

3. Brokoli hijau, banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam brokoli hijau seperti kalium, kalsium, sulfur, vitamin-C dan mineral, sehingga banyak yang memanfaatkan brokoli sebagai sumber antioksidan yang baik bagi ketahanan tubuh. Beberapa sayuran lain yang baik di konsumsi penderita maag adalah labu dan wortel.

4. Sayur hijau segar, beberapa sayuran hijau seperti kacang panjang, sawi, bayam, kangkung aman di konsumsi penderita maag, selain itu kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh terpenuhi.

5. Buah segar, beberapa buah segar juga bisa membantu mengurangi penumpukan asam di dalam lambung, Anda bisa memilih pisang, pepaya, melon, dan tomat, mereka adalah sumber kalium yang baik untuk menstabilkan kadar PH asam lambung.

6. Aloe vera, meskipun tergolong tanaman aloe vera banyak mengandung senyawa antrakuinon dan kuinon bersifat sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit, saponin bermanfaat untuk penyembuh luka dan pereda panas, sedangkan senyawa mukopolisakarida bermanfaat untuk memulihkan radang pada saluran pencernaan sehingga aman untuk penderita maag.

7. Makanan halus, beberapa makanan halus seperti bubur kacang hijau atau bubur nasi sangat membantu memudahkan proses pencernaan dalam usus halus sehingga aman bagi lambung.

8. Permen atau gula gula, jika Anda suka makan permen maka ini akan membantu merangsang saliva untuk memproduksi air liur yang bersifat basa sehingga membantu menetralisir asam lambung, tetapi perlu di pikir ulang jika Anda takut berdampak pada kesehatan gigi Anda.

Jika Anda bisa kontrol makanan yang di konsumsi setiap hari dengan baik bukan tidak mungkin bisa sembuh dari sakit maag yang Anda derita, Anda pun juga bisa menjalankan program diet secara bersamaan. Jadi, selain sakit maag sembuh Anda juga akan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Makanan Yang Dapat Memperparah Sakit Maag

Beberapa makanan di bawah ini sebaiknya tidak di konsumsi jika Anda dalam keadaan sakit maag, karena dapat memperparah penyakit Anda menjadi semakin lebih serius. Beberapa makanan itu antara lain adalah.

1. Makanan yang banyak mengandung gas, seperti nangka, buah yang di keringkan, durian dan sebagian minuman bersoda.

2. Makanan dan minuman yang dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, seperti minuman kopi, alkohol, sari buah sitrus dan anggur putih.

3. Makanan yang susah di cerna, beberapa makanan yang berlemak tinggi sangat sulit di cerna dalam sistem pencernaan kita, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung, black forest, kue tart dan keju.

4. Makanan yang dapat merusak dinding lambung, makanan yang bercita rasa pedas seperti merica cabe dapat merusak dinding lambung dan memperparah sakit maag, selain itu cuka dan bumbu masakan bersifat asam yang kuat juga demikian.

5. Makanan berkarbohidrat tinggi, sebaiknya makan makanan ini di kurangi karena konsumsi karbohidrat sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat kita, beberapa di antaranya adalah, ketan, talas, mie, jagung, singkong dan bulgur.

Itulah beberapa makanan yang dapat memperparah kondisi sakit maag Anda, dan sangat di sarankan untuk di hindari atau setidaknya di kurangi agar sakit maag tidak semakin parah.

Kesehatan memang penting untuk di pertahankan terutama bagi yang sudah merasakan sakit, oleh karena itu tindakan preventif di perlukan untuk menjaga organ tubuh vital kita agar selalu sehat, mulai dari mengatur pola makan, kebiasaan aktifitas setiap hari dan tidak lupa minum air putih secukupnya setiap hari agar proses pencernaan dapat berjalan secara lancar.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com