17 Makanan Anti Penuaan

17 Makanan anti penuaan17 Makanan Anti Penuaan - Menjadi awet muda merupakan dambaan banyak orang tetapi menjaga supaya awet muda kadang malas melakukannya, sebenarnya untuk awet muda mudah saja, selain olahraga, kontrol pola makan, tidak stres, istirahat cukup dan memperhatikan makanan apa yang di konsumsi setiap hari.

Mengenai makanan, tentunya kita harus memilih jenis makanan yang mendukung peremajaan sel tubuh kita agar tetap sehat, segar dan tidak hanyut dalam stres karena berbagai alasan hidup seperti kesibukan kerja, keuangan, asmara dan banyak lagi yang lain.

Berikut Rekomendasi Makanan Pilihan Yang Anti Penuaan

1. Blueberry

Antioksidan yang terkandung di dalam buah blueberry sangat tinggi dan bertangung jawab terhadap nutrisi khusus untuk kesehatan kulit dan otak. Sementara itu seratnya memproduksi vitamin dan mineral untuk kesegaran tubuh sehingga Anda tidak cepat tua.

2. Yogurt Yunani

Biasanya yoghurt terlalu banyak mengandung gula dan laktosa di dalamnya, namun beda dengan yogurt Yunani, ia memiliki sedikit kandungan ini dan hal ini sangat membantu menjaga kesehatan Anda dan menjauhkan dari penuaan. Di dalam negeri Anda juga bisa mendapatkannya karena bedanya ada tambahan buah segar di dalamnya seperti strowberry, blueberry atau buah jenis berry yang lainnya.

3. Kopi

Anda suka kopi? bersyukur jika itu memang demikian, karena tidak hanya membuat tubuh Anda awet muda namun kopi juga dapat menjaga kesehatan jantung agar tetap stabil dan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit jantung.

Anda juga akan terhindar dari diabetes, meskipun kopi ada kekuranganya, cukup satu cangkir setiap pagi sudah mampu membuat tubuh Anda segar dan nyaman, namun waspadalah bagi yang memiliki sakit maag, mungkin bisa di batasi dalam mengkonsumsinya.

4. Daging ikan Barramundi

Daging ikan barramundi sangat tinggi nutrisi, jika di bandingkan dengan salmon mengandung sedikit kalori di dalamnya dan memiliki asam lemak Omega-3 yang sama yang bermanfaat untuk membantu meremajakan sel tubuh sehingga Anda tetap sehat dan tidak cepat tua.

5. Daging ikan Salmon

Daging ikan pilihan selanjutnya adalah ikan salmon yang banyak mengandung asam lemak Omega-3, pilihlah daging ikan salmon liar yang sangat baik untuk meremajakan sel otak, hati, mata, kulit dan sendi, ikan salmon liar akan membuat Anda awet muda.

6. Kacang Pistachio

Meskipun bentuknya kecil namun ini sangat bergizi tinggi untuk membantu Anda agar awet muda, bagian yang terbaik adalah di bagian shell atas dagingya, survey menunjukkan nutrisi pistachio berkurang jika di kupas oleh karena itu biarkan shell atas dagingnya melekat dan kita konsumsi.

7. Gandum

Serat adalah nutrisi yang tidak banyak di konsumsi oleh orang zaman sekarang, sehingga tubuh kurang serat membuat pencernaan tidak lancar dan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Serat yang terkandung di dalam gandum sangat baik untuk membantu proses pencernaan dan membuat Anda lebih lama terasa kenyang sehingga akan makan lebih sedikit pada saat makan berikutnya. Kenaikan berat badan di usia paruh baya membuat Anda terlihat lebih tua dan dapat di cegah dengan mengkonsumsi gandum setiap hari.

8. Anggur Merah

Makanan fermentasi sangat baik untuk pencernaan, termasuk anggur merah karena mengandung asam laktat sebagai antioksidan tinggi. Resverastrol adalah antioksidan yang terkenal ada di dalam kulit buah angur merah ini dan dapat membantu memulihkan sel otak dan jantung, dengan demikian membuat Anda awet muda dan tetap sehat.

9. Bayam Hijau

Dari dulu kita sudah mempercayai bahwa sayuran berdaun hijau mengandung nutrisi yang tinggi, karena sayuran hijau memiliki pigmen yang bernama lutein dan klorofil yang membuat tubuh Anda tidak mudah cepat tua. Konsumsilah bayam hijau setiap hari niscaya tubuh Anda akan terasa stabil dan tetap sehat.

10. Jagung Manis

Makanan yang bisa bikin kita awet muda berikutnya adalah jagung, beberapa jagung ada banyak varietas pilihlah yang manis karena selain rasanya manis jagung ini juga banyak serat. Serat yang terdapat pada jagung bermanfaat untuk membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ada satu komponen dalam nutrisi jagung yang di sebut dengan IP6, zat inilah yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker, selain itu jagung juga baik dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

11. Kayu Manis

Di katakan kayu manis memang beraroma dan terasa manis, kayu manis banyak mengandung antioksidan sehingga dapat membantu Anda tetap segar dan sehat. Anda cukup mengambil seperampat sendok teh bubuk kayu manis setiap hari dan mengkonsumsinya bersama air hangat setelah makan, hal ini akan membantu Anda menjaga lemak tubuh.

12. Coklat Hitam

Mengkonsumsi coklat gelap dapat membantu proses metabolisme tubuh lebih sempurna, sehingga pembakaran lemak dan kalori lebih efektif. Hal ini sangat baik untuk membantu kita agar jauh dari berbagai penyakit jantung. Selain itu juga membantu mengurangi kalori di dalam tubuh sehingga tidak mudah cepat tua.

13. Curcumin

Jangan di anggap remeh bubuk curcumin, karena banyak sekali manfaat di dalamnya, curcumin dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak terutama saluran pencernaan dan sel otak, selain itu curcumin juga mencegah pembuluh darah dari berbagai sel kanker. Hal ini akan membuat Anda tampak awet muda dan sehat setiap hari.

14. Ubi Jalar

Satu lagi makanan yang bisa bikin Anda awet muda adalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung senyawa yang bernama lycopene, yang mengandung banyak vitamin dan membantu kulit dari sengatan sinar ultra violet. Rutin mengkonsumsi ubi jalar membuat kulit Anda bersih, sehat dan terlihat lebih muda.

15. Biji Rami

Ekstrak dari kulit ini sangat baik untuk kelembaban kulit, minyak biji rami mengandung omega-3 yang membantu anti penuaan dan menjaga kesehatan agar tetap optimal. Anda bisa mengoleskannya di piring tempat makan Anda.

16. Buah Semangka

Buah berair ini juga banyak mengandung zat lycopene dan beta-karoten yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan penyembuhan sel kulit yang rusak saat terkena sinar matahari (ultra violet). Dengan demikian kulit selalu terjaga kesehatannya.

17. Teh Hijau

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan secangkir teh setiap hari maka penuaan bisa terhambat. Hal ini memperbaiki struktur DNA Anda dan memperlambat pemendekan sel selama proses penuaan.

Teh hijau panas atau hangat Anda bisa meminumnya di pagi hari, atau teh dingin yang segar pada siang hari. Dengan membiasakan mengkonsumsi teh hijau tubuh terasa segar dan kulit Anda tampak sehat dan awet muda.

Tidak hanya terbatas 17 makanan saja yang dapat awet muda, saya yakin masih ada banyak lagi yang lain tetapi dengan mengetahui 17 makanan yang di rekomendasikan di atas saya rasa cukup untuk membentuk tubuh kita awet muda dan selalu sehat setiap hari selain berolahraga, tentunya sesuai dengan porsi sehat kita setiap hari.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status