Menu Diet Vegetarian

Menu diet vegetarianMenu Diet Vegetarian - Memiliki tubuh indah, sehat dan menarik adalah idaman bagi semua orang, banyak jalan yang di lakukan oleh mereka untuk mendapatkannya.

Salah satu diet yang paling di gandrungi oleh masyarakat zaman sekarang adalah diet vegetarian,  dengan menjalankan diet ini tidak hanya dapat menurunkan berat badan namun juga bisa bikin tubuh selalu sehat setiap hari.

Diet vegetarian adalah diet yang menggunakan sayur dan buah segar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari, dengan mengesampingkan daging, ikan dan nasi (karbohidrat). Bagi Anda yang menjalankan diet vegetarian tidak perlu kawatir kekurangan gizi karena semua sudah ada di dalam sayur dan buah segar.

Manfaat Diet Vegetarian

Akan ada banyak manfaat jika Anda menjalankan diet vegetarian, mungkin awalnya susah karena tubuh harus adaptasi dulu dengan suasana baru namun lama kelamaan akan terbiasa dan dapat menjalani dengan baik.

1. Jauh dari penyakit kardiovaskuler

2. Sangat efektif untuk menurunkan berat badan yang tidak ideal

3. Asupan serat yang cukup banyak dapat memperlancar proses pencernaan dan metabolisme tubuh berjalan dengan lebih baik.

4. Menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Sayur dan buah segar memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga dapat mencukupi asupan nutrisi tubuh meskipun meninggalkan daging, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil dan sehat.

6. Menjadi seorang vegetarian akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit kanker, karena menu yang di konsumsi banyak mengandung antioksidan tinggi, vitamin dan mineral. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan berbagai penyakit termasuk penyebab kanker dan penyakit lain.

7. Jika Anda menjadi seorang vegetarian sudah pasti Anda jauh dari penyakit wasir, sembelit dan kanker usus.

Manfaat yang di dapatkan dalam menjalankan diet vegetarian sangat membantu meningkatkan derajat kesehatan tubuh dan fikiran agar tetap stabil, lalu bagaimana cara menjalankannya,,,?

Cara Menjalankan Diet Vegetarian

Dalam menjalankan program diet sehat vegetarian, tidak harus langsung meninggalkan daging atau karbohidrat secara ekstrim, namun cobalah untuk melakukan ini secara bertahap, kurangi asupan daging atau ikan sampai pada batas tidak mengkonsumsi lagi dan di ganti dengan buah dan sayur segar.

Setelah terbiasa dengan tidak mengkonsumsi daging, Anda bisa langsung konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak, dan tambah porsinya di keesokan harinya. Dalam menjalankan program diet ini sebaiknya di lakukan dengan sabar dan disiplin tinggi, jaga pola makan dengan baik.

Menu Terbaik Diet Vegetarian

1. Sayur hijau segar.

Menu yang satu ini adalah kaya nutrisi, serat, antioksidan, protein, mineral dan vitamin. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau akan sangat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun.

Beberapa contoh sayuran hijau, Anda bisa memilih seperti brokoli, bayam, kangkung, kale, peterseli, daun singkong, okra dan sayur hijau lain.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein, mineral, vitamin dan serat. Lemak yang terkandung termasuk lemak sehat sehingga bagus untuk tubuh, biji-bijian seperti kenari, biji bunga matahari, Almont, wijen, biji rami, biji labu bisa menjadi pilihan terbaik untuk camilan dan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung saja namun juga mengurangi kolesterol dan meningkatkan fungsi otak, apalagi dengan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai bisa menjadi alternatif  asupan protein terbaik untuk pengganti ayam dan ikan, dengan mengkonsumsi susu kedelai kebutuhan protein, lemak, serat dan vitamin lainnya bisa terpenuhi. Konsumsilah susu kedelai setiap hari dan dalam jumlah lebih banyak.

Dengan mengkonsumsi susu kedelai atau produk lain yang terbuat dari kedelai seperti tempe, tahu dan makanan lain akan membuat menu lebih fariativ. Bisa juga di tambah lentil, buncis dan kacang hitam. Dengan begitu metabolisme tubuh bisa lebih sempurna dan dapat menstabilkan berat badan Anda.

4. Sereal Dan Gandum

Dalam diet vegetarian Anda juga bisa memanfaatkan roti gandum, seperti gandum brown rice, roti barley dan produk lain yang mengandung gandum. Sereal dan gandum adalam sumber energi bagi kita, juga mengandung seng dan zat besi.

5. Buah segar

Buah segar sangat menjadi pilihan terbaik dalam menjalankan diet vegetarian, pilihlah buah yang masih segar dan tidak mengandung pengawet luar buah, karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk tubuh.

Buah-buahan banyak mengadung vitamin, mineral, zat antioksidan dan serat yang tinggi oleh karena itu sangat baik untuk pencernaan sebaliknya sedikit kalori. Nutrisi dalam buah tidak hanya bagus untuk pencernaan tapi juga menunjang kesehatan jantung, tekanan darah dan kolesterol, pilihlah buah yang berkadar air tinggi seperti melon, semangka, apel, golongan buah berry, pepaya dan yang lainya.

Contoh Panduan Menjalankan Diet Vegetarian

Untuk menjalani diet vegetarian sebaiknya di awali dengan niat yang kuat, agar dapat berhasil dengan baik, nutrisi dapat di cerna sempurna oleh sistem pencernaan dan tubuh dapat menjalankan metabolisme lebih sempurna lagi.

1. Pada pagi hari saat bangun tidur jangan lupa minum air putih segar satu gelas, lalu di lanjutkan dengan madu atau jus lemon hangat. Minuman ini sangat baik untuk detoks tubuh kita sehingga dapat mengeluarkan toksin yang tidak berguna di dalam tubuh.

2. Sarapan, makan di pagi hari ini harus di lakukan namun dengan porsi lebih sedikit dari biasanya, misalkan Anda ingin mengkonsumsi telur dadar maka Anda bisa mengurangi jumlah kuningnya, bila perlu di ganti dengan potongan jamur, paprika atau bawang.

Jika Anda ingin mengkonsumsi sereal jangan langsung dengan porsi besar tapi kurangi porsinya dan di ganti dengan potongan buah seperti pisang, apel, berry, anggur, pear, melon dan buah yang lain yang banyak mengandung air. Atau bisa juga Anda mengkonsumsi satu mangkok sedang potongan pepaya, apel, pisang, semangka atau melon.

3. Makan siang, di awal diet vegetarian Anda masih bisa menggunakan karbohidrat seperti nasi tapi dengan jumlah porsi sedikit dan di ganti dengan sayuran segar seperti tomat, wortel, daun selada atau mentimun.

Atau Anda juga bisa menggunakan sayuran yang sudah di kukus seperti Asparagus, brokoli, labu siem kecil, wortel, sawi putih atau jagung manis. Perlu di ingat bahwa sayuran adalah yang utama dalam diet ini artinya porsi harus lebih banyak dari yang lain.

4. Makan Malam

* Satu mangkuk sup bening dengan di campur sayuran brokoli, jamur, jagung dan wortel.
* Bisa juga dengan sayuran kukus satu mangkuk plus pepesan tahu.
* Pilihan lain selain salad sayur segar antara lain tomat, selada, paprika dengan salad dressing yang rendah kalori.

5. Cemilan Malam hari

Untuk cemilan malam hari Anda bisa mengkonsumsi, jagung manis, apel, jeruk, semangka, lengkeng, kecambah, talas kukus, pepaya, melon, wortel, buah pear dan biskuit lite.

6. Sebelum Tidur

Sebelum tidur Anda bisa minum susu rendah kalori atau kembali mengkonsumsi buah segar, bisa apel atau buah pear setelah itu minum air putih secukupnya.

Perlu Untuk di Perhatikan Bagi Yang Menjalankan Diet Vegetarian

Sebelum menjalankan diet diet vegetarian sebaiknya perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini agar proses diet menurunkan berat badan dapat berjalan dengan baik dan berhasil.

* Jangan memaksa tubuh lama dalam keadaan lapar.
* Konsumsilah makanan dalam porsi kecil namun sering.
* Penting untuk di ingat jangan pernah sekali melewatkan sarapan pagi.
* Tetap lakukan olahraga ringan paling tidak 15-30 menit sudah cukup.
* Jangan lupakan air putih
* Lupakan minuman bersoda dan makanan cepat saji.
* Lupakan makanan manis atau makanan yang mengandung sakarin.

Dengan menjalankan diet vegetarian seperti panduan di atas maka kita dapat lebih mudah dalam menerapkannya. Selanjutnya biasakan rubah pola hidup dengan yang lebih baik dan sehat agar tubuh tetap terjaga dengan baik, satu lagi hindarkan tubuh dari stres dan nikmati hidup dengan mensyukurinya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status