Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami Dan CepatCara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami Dan Cepat - Masalah rambut rontok bukan menjadi masalah umum lagi bagi kita semua, perlu di ketahui bahwa jika kerontokan rambut di bawah 100 helai setiap hari berarti itu wajar, jadi tidak usah pusing dan kawatir.

Namun jika hal itu terjadi terus menerus tentu saja tetap akan meresahkan dan harus di minimalisir kerontokannya meskipun rambut memiliki tiga fase yaitu pertumbuhan, istirahat dan kerontokan. Akhibat dari kerontokan rambut ini jelas mempengaruhi kepribadian kita, bisa jadi kita menjadi tidak percaya diri karena penampilan rambut yang jelek dan botak.

Kalau sudah demikian, maka berbagai upaya di lakukan untuk memulihkan kembali rambut yang rontok tersebut, mulai dari cara klinis maupun tradisional. Dengan harapan tidak hanya rontok namun juga lebat, sehat dan bercahaya.

Langkah pertama jangan panik dulu jika menjumpai rambut Anda mulai rontok karena bisa jadi hal itu termasuk normal saja, lihat apa yang Anda lakukan terhadap rambut Anda setiap hari, karena bisa jadi hanya kesalahan dalam menata atau merawat rambut.

Perlu di ketahui, ada banyak penyebab kerontokan rambut di antaranya stress, sering menggunakan shampo yang berbeda, mengikat rambut terlalu kencang, menyisir dengan menggunakan sisir terlalu rapat, perubahan hormon, usia, kebiasaan merokok, infeksi, genetik, asupan gizi kurang, sinar ultraviolet yang berlebihan, kurang bisa mengendalikan emosional, selesai kemoterapi dan sebagainya.

Penjelasan Tiga Fase Rambut

Jika kita sudah bisa pastikan bahwa kerontokan rambut secara normal, maka tidak ada salahnya kalau kita mengetahui penjelasan dari tiga fase rambut. Menurut Dr. Ristra yang bekerja di rumah kecantikan yang berbasis riset ilmiah yang di awasi langsung oleh Dr. Retno Tranggono, Spkk, mengatakan bahwa, "Seumur hidup kita mengalami kerontokan rambut kurang lebih antara 40 hingga 120 helai setiap harinya dan ini normal karena kerontokan rambut tersebut akan tergantikan dengan yang lain."

* Fase pertama adalah pertumbuhan (Anagen), pada fase ini rambut mengalami pertumbuhan selama 2 hingga 5 tahun ke depan.

* Fase kedua adalah istirahat (Katagen), yang terjadi hanya selama 2 hingga 4 minggu saja.

* Fase ketiga adalah kerontokan ( Telogen) dan terjadi selama 3 hingga 4 bulan ke depan, kerontokan rambut ini hanya sampai pada umbi rambut saja sedangkan papil (bibit rambut baru) sudah ada persiapan untuk tumbuh rambut pengganti yang lebih sehat.

Setelah fase itu selesai maka rambut kembali mengalami pertumbuhan baru dan inilah cara alam merawat kesehatan dan ketebalan rambut kita secara sempurna. Jelas tim Dr. Ristra yang telah berhasil menumbuhkan rambut kembali bagi penderita kanker.

Berikut Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami Dan Cepat

Merawat rambut adalah pilihan bagi setiap orang, jalan apapun bisa kita tempuh untuk memulihkan kembali rambut yang rontok, namun di sini kita akan membahas tentang cara mengatasi rambut rontok secara tradisional.

Karena cara tradisional adalah cara yang paling aman dan tanpa efek samping dari proses perawatannya tersebut, selain itu juga tidak menggunakan biaya terlalu berlebih meskipun hasil yang di dapatkan tidak langsung cepat terlihat.

Kita semua menyadari kalau diri kita adalah bagian dari proses alam, oleh karena itu alangkah lebih baiknya kalau perawatan maupun pengobatan untuk tubuh kita kembali dari alam juga agar lebih bisa bersinergi dengan baik.

1. Minyak Zaitun

Alam sungguh kaya dengan berbagai isinya, kita di harapkan dapat memanfaatkan sebaik mungkin dan melestarikan untuk generasi mendatang. Mengenai kerontokan rambut, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun.

Minyak ajaib ini mampu merawat rambut Anda dengan baik asalkan Anda rajin menggunakannya, gunakan dengan sedikit pijitan di kulit kepala dan biarkan beberapa saat sebelum di bersihkan kembali. Minyak zaitun tidak hanya untuk perawatan luar saja bahkan ada yang bisa di minum atau di konsumsi secara kombinasi dengan makanan lain.

2. Minyak Lavender

Selain minyak zaitun Anda juga bisa memanfaatkan ekstrak minyak lavender yang bisa di dapatkan di toko atau apotik terdekat atau jika Anda mempunyai keahlian mengekstraks sesuatu Anda bisa membuatnya sendiri.

Minyak lavender selain untuk menolak nyamuk yang datang juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut kembali, cara penggunaanya sama dengan minyak zaitun yaitu di balurkan ke seluruh rambut sambil memberikan sensasi pijitan ringan ke kulit kepala, lakukanlah hal ini rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak Kelapa

Sudah sejak dahulu kala mbah buyut kita menggunakan minyak kelapa untuk mempertebal, memperkuat dan menyehatkan rambut. Tidak ada salahnya kalau zaman sekarang masih menggunakan resep seperti itu.

Minyak kelapa mudah di dapatkan terutama di daerah tropis seperti indonesia, cara membuatnya pun juga relatif mudah, jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan minyak kelapa adalah salah satu cara yang paling benar dan tepat untuk mengatasi kerontokan rambut.

4. Aloe Vera (Lidah buaya)

Tanaman yang satu ini tidak kalah hebatnya dalam menjaga kesehatan rambut terutama menumbuhkan kembali rambut yang rontok. kandungan yang ada di dalam aloe vera sangat baik untuk meningkatkan derajad kesehatan rambut Anda.

Selain untuk tanaman hias dan makanan ringan tanaman yang satu ini berkhasiat membantu menumbuhkan kembali rambut yang sudah rontok. Cara menggunakannya pun sangat mudah, karena kita hanya memanfaatkan gel yang ada di dalam setiap daunnya.

5. Minyak Kemiri

Jangan remehkan bumbu dapur yang satu ini! tidak hanya untuk penambah nikmat masakan saja, namun dari dahulu sudah di percaya untuk mempercepat pertumbuhan kumis dan jenggot.

Ekstrak minyak kemiri juga dapat mengatasi kerontokan rambut yang Anda alami, Anda bisa membelinya di beberapa toko atau supermarket terdekat, gunakanlah minyak kemiri dengan mengoleskan ke rambut dan kulit kepala sambil di pijit halus dan lakukanlah rutin setiap hari, maka Anda akan mendapatkan rambut indah kembali.

6. Minyak Wijen

Jika Anda memiliki minyak wijen, ini juga tidak hanya sebagai penambah sedap setiap masakan saja namun juga dapat di manfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, apalagi dengan adanya masalah rambut lain seperti ketombe, rambut tipis dan sebagainya.

Minyak wijen juga salah satu minyak yang sudah sejak dahulu di percaya untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut yang bermasalah, gunakanlah minyak ini secara rutin dan berkala, niscaya rambut Anda akan sehat kembali.

7. Yoghurt

Salah satu produk olahan yang berbahan dasar susu ini tidak hanya sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita saja, bahan alami yang terkandung di dalam yoghurt ternyata sangat baik untuk menunjang kesehatan rambut.

Jika Anda tidak alergi susu Anda bisa menggunakan produk ini untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut yang rontok, caranya pun juga sangat mudah, ambil yoghurt secukupnya dan tambahkan madu murni setengahnya, setelah di aduk gunakanlah dengan cara membalurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala sambil di berikan pijitan ringan. Lakukanlah setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu.

8. Teh Hijau

Tidak hanya sebagai anti-oksidan yang baik saja untuk kesegaran dan kesehatan tubuh, namun teh hijau juga sangat bagus jika di gunakan untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan tumbukan daun teh hijau yang sudah di haluskan dan di beri madu atau susu atau bisa juga dengan mengunakan ampas teh hijau yang sudah basi, seperti biasa di balurkan ke rambut dan kulit kepala sambil di pijit.

Untuk hasil maksimal yang lain Anda juga bisa menggunakan kombinasi teh hijau dengan daun seledri. Caranya, Anda bisa menyiapkan dahulu handuk yang sudah di rendam dengan air lemon hangat lalu gunakanlah handuk tadi sebagai penutup rambut seluruhnya selama 10 hingga 15 menit.

Setelah itu buka dan balur dengan seduhan teh hijau yang sudah di kombinasikan dengan daun seledri dan tetap memberikan sensasi pijitan halus secara merata ke kulit kepala agar nutrisinya lebih cepat meresap, biarkan selama sekitar 30 menit setelah itu bisa di bersihkan dengan air dingin yang bersih dan segar.

9. Jeruk Nipis

Ada beberapa orang yang cocok mengunakan jeruk nipis untuk membantu mengembalikan kerontokan rambutnya. Tidak ada salahnya untuk di coba, karena jeruk nipis juga dari bahan herbal yang aman untuk di gunakan perawatan rambut.

Caranya juga sangat mudah, ambil buah jeruk nipis dan potong menyamping (jangan persis di tengah jeruk nipis) agar kita dapat mengambil airnya lebih mudah, setelah itu oleskan ke kulit kepala dan rambut sambil di beri pijitan ringan, lakukanlah rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Untuk mengatasi rambut rontok secara tradisional memang di butuhkan kesabaran dan ketelatenan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain perawatan di atas, juga tidak kalah pentingya dengan memperhatikan beberapa aspek berikut ini.

Artikel lain:
Jus Bawang Merah Membantu Pertumbuhan Rambut 
Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Rambut

Beberapa Aspek Penting Lain Untuk Kesehatan Rambut

* Perbanyak minum air mineral, selain tubuh tidak dehidrasi juga baik untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

* Usahakan agar rambut tidak terlalu sering terpapar sinar ultraviolet atau sinar matahari terutama pada siang hari.

* Perhatikan juga tentang kebersihan rambut, jangan terlalu sering menggunakan pewarna rambut dan gunakanlah shampo herbal yang cocok untuk kulit kepala Anda.

* Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan serum penumbuh rambut secara alami untuk mengurangi kerontokan rambut, selain itu juga bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut.

* Konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala agar dapat terbantu dari dalam tubuh.

Inilah yang bisa kita sampaikan semoga cara ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi satu alternatif terbaik dalam merawat rambut, karena kita ketahui bahwa rambut adalah mahkota yang wajib untuk mendapatkan perhatian terbaik pula.


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape