Cara Mudah Membuat Wedang Jahe Merah yang Sehat

Cara mudah membuat wedang jahe merah yang sehatCara Mudah Membuat Wedang Jahe Merah Yang Sehat - Indonesia sangat kaya dengan sumber daya alamnya, ini adalah salah satu anugerah dari Tuhan yang tak terhingga nilainya, sepatutnyalah untuk dapat kita kelola dengan sebaik-baiknya.

Salah satu dari sumber daya alam yang sangat bermanfaat untuk kebaikan manusia adalah jahe merah, tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis ini memiliki tiga jenis yaitu jahe merah, jahe putih dan jahe kuning, ketiganya memliki manfaat dan keistimewaan tersendiri.

Biasanya kita mengenal jahe untuk "wedang" atau minuman kesehatan setiap hari terutama dalam menghadapi cuaca dingin saat ini, baik jahe merah, kuning atau putih bisa di manfaatkan untuk minuman kesehatan dan menjadi pilihan favorit untuk para pria khususnya.

Dari ketiga jahe tersebut kita bisa pilih mana yang cocok untuk tubuh kita dalam menunjang kesehatan, namun pada dasarnya ketiga jenis jahe tersebut sama saja, mereka memiliki khasiat yang hebat untuk meningkatkan derajad kesehatan tubuh manusia.

Tidak hanya untuk minuman sehat yang nikmat saja, namun tanaman jenis ini sudah di percaya oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai penyakit, jadi telah terbukti khasiatnya, selain itu jahe juga jauh dari efek samping yang membahayakan tubuh kita.

Beberapa Kandungan Jahe Untuk Menunjang Kesehatan

Jahe yang kita konsumsi memiliki bau yang khas dan terasa pedas, hal ini di sebabkan karena jahe memiliki kandungan zat atsiri yang kuat, selain itu jahe juga mengandung beberapa senyawa yang dapat kita manfaatkan untuk mengusir batuk, demam, flu dan beberapa gejala penyakit ringan lain, senyawa itu bernama oleoresin.

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh para ahli beberapa nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh juga di dapatkan di dalam tanaman jahe ini, seperti Vitamin B-1, Vitamin C, Asam amino, Phenol yang bermanfaat untuk mengurangi kekentalan dalam darah, menyembuhkan peradangan, dan infeksi lain, bagi bunda yang sedang kram karena menstrusi, bunda juga bisa minum wedang jahe ini untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Cara Mudah Dan Nikmat Membuat Wedang Jahe Merah Yang Sehat

Banyak cara yang di lakukan orang untuk mengolah jahe, saat ini pun juga mulai bermunculan jahe sachet yang siap seduh, namun tentunya ada kesan tersendiri saat kita membuat minuman jahe yang beda dari yang lain.

Cara: 1 Wedang Jahe Kayu Manis

Bahan yang wajib di siapkan adalah:

* Jahe 2 rimpang (sebenarnya Anda juga bisa menggunakan jahe kuning atau jahe putih, sesuaikan dengan selera).
* Serai segar satu batang dan tumbuk sekedarnya.
* Bubuk kayu manis 1/2 sendok teh.
* Madu secukupnya.
* Gula jawa secukupnya ( Anda bisa memanfaatkan gula aren atau gula kelapa batok yang di jual secara tradisional)
* Air secukupnya.

Cara Membuatnya adalah:

Didihkan air yang telah di sediakan, setelah itu masukkan jahe, bubuk kayu manis dan serai, tunggu hingga muncul aroma wangi natural yang muncul dari panci Anda, lalu tambahkan gula jawa yang sudah di siapkan secukupnya (jangan terlalu manis).

Setelah tercampur semua, didihkan sejenak dan setelah itu campurkan madu secukupnya sambil di aduk sampai merata setelah itu angkat panci Anda, saringlah dengan penyaring minuman dan pastikan saringan dalam keadaaan higienis. Tuangkan ke dalam cangkir dan siap untuk di sajikan dalam kondisi hangat, cocok sekali untuk di nikmati di pagi hari yang sejuk.

Cara: 2 Wedang Pekak Jahe Merah

Bahan yang wajib di sediakan adalah:

* Buah pekak atau bunga lawang 1 buah
* Jahe merah 2 rimpang.
* Serai segar dua batang dan tumbuk sekedarnya.
* Daun suji dua lembar dan potong tipis.
* Cengkeh 3 buah
* Kapulaga 2 buah
* Gula jawa secukupnya.
* Air secukupnya

Cara Membuatnya adalah:

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara di atas, hanya bahan yang di butuhkan di sini lebih banyak sedikit saja, masukkan semua bahan yang telah di sediakan di atas ke dalam air mendidih sambil di aduk sampai merata dan berubah warna.

Jika sudah selesai tambahkan gula jawa secukupnya dan angkat panci Anda, sambil menunggu tidak terlalu panas, tuangkan ke dalam cangkir cantik dan nikmati hari Anda dengan secangkir wedang pekak jahe merah hangat.

Minuman jahe merah telah tersedia dan siap menikmati hari yang hangat bersama keluarga, minum jahe juga sebaiknya dengan takaran, jadi, sebaiknya konsumsilah dengan bijaksana, jangan terlalu berlebih, dua kali dalam sehari (pagi dan sore) sudah cukup untuk menjaga kondisi kesehatan tetap segar bugar.

Itulah cara mudah dan nikmat yang dapat kita lakukan untuk membuat wedang jahe merah yang dapat meningkatkan derajad kesehatan kita. Saya yakin kita yang ada di daerah tropis sangat mudah untuk mendapatkan bahan-bahannya, cara membuatnya pun juga sangat mudah.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape