Cabut Bulu Hidung, Bahayakah,,,?

Cabut bulu hidung, bahayakah,,,?Cabut Bulu Hidung, Bahayakah,,,? - Bulu hidung memiliki peran yang sangat penting dalam menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh kita, kita telah mengetahui bagaimana kondisi udara yang ada di sekitar kita bukan?

Apalagi kalau kita tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk, jelas banyak polusi udara yang membahayakan kesehatan, Tuhan telah mempersiapkan terhadap apa yang bakal terjadi pada mahluk ciptaanNya.

Demi menjaga kesehatan yang berkelanjutan di tumbuhkannya bulu halus di dalam hidung kita yang bermanfaat sebagai filter udara yang masuk ke dalam tubuh kita agar senantiasa tubuh dalam keadaan sehat.

Bulu hidung semakin lama semakin tumbuh dan lebat seiring dengan bertambahnya usia kita, udara yang kita hirup pun juga semakin banyak masuk ke dalam tubuh, apalagi jika kita melakukan olah raga, pernafasan kita semakin cepat sehingga sirkulasi udara yang masuk pun juga semakin cepat.

Cabut Bulu Hidung Ber-bahayakah,,,?

Lalu bagaimana jika bulu hidung kita semakin tebal dan memperburuk penampilan,,,?

Rasanya tangan ini tergoda untuk mencabutnya, dengan beberapa rambut yang terjuntai keluar hidung bikin kurang percaya diri saja, tidak nyaman dan terasa malu jika harus di depan umum, penulis sendiri juga pernah mencabut bulu hidung,, Hehe tetapi tidak sering.

Sebenarnya terlalu sering mencabut bulu hidung menurut keterangan dokter membawa dampak buruk bagi kesehatan, dan lebih baik bulu hidung di rapikan saja dari pada harus di cabut, misalnya di potong pakai gunting.

Jadi intinya, jangan terlalu sering mencabut bulu hidung agar kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik dalam jangka panjang, karena akan ada banyak dampak yang di timbulkan terhadap organ tubuh kita yang lain akhibat dari aksi yang kita lakukan ini, mulai dari sistem syaraf, infeksi, pendarahan dan sebagainya.

Kemungkinan Bahaya Yang bakal Terjadi Jika Sering Cabut Bulu Hidung

Keenakan mencabut bulu hidung sebaiknya di hentikan dan di ganti dengan merapikannya dengan cara memotongnya, menurut penuturan dari dokter dan ahli kesehatan berikut ini bahaya yang di mungkinkan terjadi jika kita sering mencabut bulu hidung.

1. Infeksi kulit dan sekitar area hidung

Bulu hidung yang tercabut akan menyisakan bekas lubang folikel rambut dan ini rawan sekali terdapat bakteri penyebab infeksi, apalagi kalau tangan kita saat mencabut dalam keadaan tidak bersih, memang kemungkinannya kecil tapi kalau di lakukan terus dan menjadi kebiasaan, Anda bisa bayangkan sendiri apa yang akan terjadi.

2. Infeksi sistem syaraf otak

Alasan yang kedua ini cukup serem bukan,,,? bukan tujuan untuk menakuti tetapi kenyataanya bahwa area sekitar mulut dan hidung adalah berkaitan langsung dengan sistem syaraf otak, dan ini harus di lindungi dalam keadaan bagaimanapun.

Di dalam area ini pembuluh darah balik (vena) merupakan tempat bertemunya darah yang berasal dari hidung dan otak, nah!! ini yang menjadi sarana termudah bagi bakteri untuk masuk ke dalam otak, naudzubillah,,!!

Jika rambut atau bulu hidung sering di cabut maka akan meningkatkan resiko terinfeksinya sistem syaraf otak kita, jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar akan terjadi masalah yang serius (jangan sampai yah!!), apalagi kalau seseorang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Nah, tuh!!

3. Meningkatkan resiko mimisan

Memang mimisan terjadi di sebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terlalu sering mencabut bulu hidung, jika hal ini terus di lakukan akan meningkatkan resiko mimisan, karena pembuluh darah halus di sekitar area hidung akan terluka dan mengeluarkan darah.

4. Munculnya jerawat

Loh, kok bisa,,,? bisa saja terjadi, karena bekas folikel yang di cabut akan memungkinkan bakteri bersarang di sana dan membentuk semacam kristal yang pada akhirnya tumbuh jerawat, munculnya jerawat ini akan ada banyak faktor yang berhubungan dengan kesehatan.

Dari beberapa kasus yang di sebutkan oleh dokter, seseorang mengalami demam tinggi karena terlalu sering mencabut bulu hidung, hal ini membuktikan bahwa bakteri sudah bersarang di dalam tubuhnya dan dengan kekebalan tubuh yang lemah, sangat merugikan bukan,,,?

5. Beresiko Ingrown Nose Hair

Ingrown nose hair adalah semacam pertumbuhan rambut yang tidak normal, biasanya rambut tumbuh keluar tetapi ini malah tumbuh ke dalam, hal ini sangat tidak nayaman dan mengganggu kesehatan, jika bulu yang mengalami hal ini banyak maka beresiko muncul penyakit serius.

Bulu hidung yang di cabut memang umumnya akan tumbuh kembali seperti sedia kala, namun dengan kesehatan tubuh manusia yang tidak menentu ini membuka resiko terjadi pertumbuhan rambut yang abnormal, hal ini menyakitkan dan sangat menyiksa.

6. Perforasi septum

Perforasi septum merupakan suatu kondisi yang tidak nyaman akhibat kebiasaan mencabut bulu hidung, karena munculnya kerak, bisul kecil atau luka ringan yang pada akhirnya sulit untuk di bersihkan dan ini membuat perasaan tidak nyaman dan sangat mengganggu.

Pertumbuhan bulu hidung setiap orang berbeda, bagi yang berbulu lebat tinggal merapikannya dengan gunting yang sudah di pastikan higienis sehingga tidak mudah menginfeksi tubuh kita.

Jadi kita sekarang sudah mengetahui efek dari terlalu sering mencabut bulu hidung, tidak ingin menanggung resiko yang membahayakan tubuh kita mari kita cegah sedini mungkin dan lebih baik menerima saran yang di sampaikan oleh dokter saja.

Terima kasih dan semoga bermanfaat


4 comments:

  1. Jadi begitu ya gan..
    Makasih ya gan artikelnya
    bermamfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey terima kasih juga sudah berkunjung,,,

      Delete
  2. tapi buli hidung saya belum pernah keluar keluar sepertinya. menurut artikel yang pernah saya baca bulu hidung tidak akan tumbuh panjang seperti rambut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,,, Iya memang betul seperti itu, tidak pernah dan tidak akan pernah panjang seperti rambut,,, gambar di atas hanyalah ilustrasi saja.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape