Daging Kambing Untuk Ibu Hamil

Daging kambing untuk ibu hamilDaging Kambing Untuk Ibu Hamil - Daging kambing sudah menjadi makanan favorit sejak zaman dahulu kala hingga saat ini, apalagi kalau di olah dengan masakan kesukaan kita seperti mungkin Anda suka sop, tongseng, sate dan lain sebagainya, pasti rasanya nikmat sekali.

Namun jika Anda seorang perempuan dan dalam keadaan hamil tentunya Anda tidak harus langsung melahap semua masakan nikmat dari daging kambing ini bukan,,,? Perlu di pertimbangkan terlebih dahulu.

Artikel lain:
Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing 
Daging Kambing Untuk Ibu Menyusui

Mengingat jika bunda dalam keadaan hamil tentunya tubuh lebih sensitif dan harus serba kontrol setiap makanan yang masuk ke dalam perut bunda, karena jelas akan berdampak pada janin yang masih di dalam uterus.

Daging Kambing Untuk Ibu Hamil

Tetapi tenang,,!! bunda tidak di larang mengkonsumsi segala menu masakan dari daging kambing, namun yang harus di lakukan adalah "Kontrol" jadi, mengkonsumsi daging kambing boleh bunda lakukan namun harus lebih bijak dalam menentukan takarannya.

Yang harus bunda lakukan jika nekat ingin mengkonsumsi masakan dari daging kambing adalah "Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter" setempat, untuk mengetahui kondisi kesehatan bunda sendiri dan janin karena daging kambing beda dengan daging hewan ternak lainnya.

Jika mengkonsumsi terlalu banyak menu dari daging kambing maka reaksi tubuh akan sangat sensitif apalagi kalau Anda ada riwayat darah tinggi atau kolesterol, nah,,, kalau seperti ini efeknya bahaya bukan,,? selain itu daging kambing juga dapat menyebabkan sembelit dan toxoplasma (Suatu penyakit yang di sebebkan oleh protozoa)

Nah,,! jadi langkah pertama yang harus bunda pastikan adalah cara memasak daging kambing itu sendiri, yaitu harus di pastikan matang betul sehingga masaknya sempurna (sekitar 63 derajat Celcius) dan dari daging kambing yang sehat (bisa di lihat dari tekstur dagingnya yang segar).

Tips Sehat Konsumsi Menu Masakan Daging Kambing Untuk Ibu Hamil  

Nampaknya bunda sangat tertarik dengan masakan dari daging kambing ini yah,,,? apalagi saat hari Raya Idul Adha tiba pasti banyak daging di freezer, sayang kalau tidak di masak. Okey, berikut tips sehat untuk bunda yang nekat ingin menikmati masakan dari daging kambing.

1. Pastikan daging yang akan di masak higienis dan dari ternak yang sehat. Lebih baik jangan mengkonsumsi daging kambing yang sudah terlalu lama di dalam lemari pendingin, karena rawan dari bakteri listeria.

2. Masaklah sampai matang betul, sehingga di dapatkan masakan yang sempurna dan aman dari protozoa dan bakteri, terutama bakteri toxoplasma yang mudah hinggap di dalam daging kambing, jika termakan oleh ibu hamil dampaknya sangat membahayakan bagi janin.

3. Setelah mengkonsumsi masakan dari daging kambing lebih baik bunda banyak minum air mineral dan tetap menjalankan aktifitas seperti biasanya dengan hati-hati.

4. Jangan lupa tetap mengkonsumsi sayur dan buah segar seperti apel, kiwi, pepaya, pisang, brokoli hijau, bayam, wortel, kangkung, kacang panjang dan lainya.

5. Lebih baik hindari cara memasak dengan di bakar atau di asap, karena dengan cara seperti ini membuat daging tidak masak betul, cara paling aman memasak daging kambing adalah di buat sop atau tumis.

6. Lebih baik hindari terlalu banyak menggunakan penyedap masakan seperti MSG, garam, kecap dan lainya, karena daging kambing sudah dapat di katakan sebagai daging pemicu darah tinggi apalagi kalau di tambah dengan penyedap rasa dan sebagainya.

7. Mengkonsumsi masakan daging kambing plus di padukan dengan lalapan seperti daun sla, irisan mentimun, kemangi, potongan kacang panjang atau beluntas.

Bunda yang sedang dalam keadaan hamil, dalam mengkonsumsi masakan daging kambing jangan setiap hari,,,! variasikan dengan masakan lain yang lebih beraneka ragam dan sehat.

Selain itu ada tips sederhana bagi penyuka daging kambing, adalah setelah konsumsi masakan dari daging kambing menelan irisan bawang putih dapat menetralkan kolesterol jahat yang berlebih, sehingga dapat meminimalisir kolesterol tubuh.

Fakta Tentang Daging Kambing

Sebelum mengkonsumsi daging kambing ada baiknya Anda mengetahui fakta yang tersembunyi di dalam daging kambing, sehingga dapat menjadi referensi perhitungan spesifik lagi untuk mengkonsumsi daging kambing.

1. Daging kambing dapat sebagai pemicu hipertensi, tingginya senyawa yang dapat meningkatkan tekanan darah seperti zat besi, natrium dan vitamin - B kompleks membuat bunda yang sedang hamil perlu mewaspadai.

2. Daging kambing dapat memicu konstipasi, kandungan protein yang tinggi membuat daging kambing cenderung liat, pada ibu hamil ada perubahan proses pencernaan akhibat perut semakin membesar, hal ini membuat pencernaan kurang sempurna dan feses tidak lunak, dengan protein berat lebih baik kombinasikan dengan makanan sumber serat seperti buah dan sayur.

3. Daging kambing dapat mengatasi Anemia dan hipotensi, fakta yang terjadi, bahwa ibu hamil sering mengalami anemia, kekurangan sel darah merah ini dapat mempengaruhi kondisi bunda, namun dengan mengkonsumsi daging kambing bunda akan terbantu suplai sel darah merah tambahan sehingga dapat mengatasi anemia.

4. Daging kambing cenderung panas, ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa daging kambing adalah daging panas, ini terbukti saat kita mengkonsumsi daging kambing berlebihan dan beberapa saat kemudian muncul efek panas pada lambung, hal ini menjadi perhatian khusus bagi bunda yang sedang hamil.

Mengkonsumsi daging kambing bagi ibu hamil tentunya ada dampak positif dan negatifnya, maka dari itu alangkah lebih baiknya jika sebelum mengkonsumsi konsultasikan dahulu ke dokter atau ahli kesehatan dan gizi di daerah Anda.

Fakta sebaliknya terjadi jika bunda mengidap hipotensi, jika Anda mengkonsumsi daging kambing maka hal ini justru akan memberikan dampak yang lebih baik dari sebelumnya, asalkan tetap pada porsi yang bijaksana.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape