5 Superfoods Untuk Menjaga Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Musim Penghujan


5 Superfoods Yang Menjaga Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kita5 Superfoods Untuk Menjaga Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Musim Penghujan - Saat pergantian musim penghujan tiba, apalagi yang terjadi secara ekstrem, sering membawa dampak negatif terhadap kekebalan tubuh terutama datangnya suatu penyakit yang sangat merugikan bagi kesehatan kita.

Sebenarnya hal ini cenderung di sebabkan oleh kekebalan tubuh yang menurun saat tubuh bereaksi terhadap datangnya perubahan cuaca ekstrim tersebut.

Untuk mencegah adanya penurunan kekebalan tubuh ketika musim hujan tiba, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya melalui diet. Ingat, diet tidak selalu berarti menurunkan berat badan tetapi lebih berupa pengaturan pola makan yang di aplikasikan setiap hari.

Mengonsumsi makanan kaya nutrisi bisa membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi perubahan cuaca terutama keadaan cuaca yang mendadak ekstrim. Simak superfoods atau makanan super yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan imunitas ketika perubahan musim.

5 Superfoods Untuk Menjaga Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Musim Penghujan


1. Yogurt

Sampai saat ini Yogurt memang terkenal sangat baik untuk kesehatan karena mengandung bakteri yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, banyak orang yang melakukan kesalahan dengan menambahkan gula pasir ke dalam yogurt karena gula kurang baik untuk kesehatan.

Jika Anda dan keluarga tidak biasa mengonsumsi yogurt tanpa gula, coba tambahkan potongan buah segar seperti mangga, strowberri, apel, pisang, pir, kiwi, dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu murni untuk memberikan rasa manis pada yogurt.

2. Teh Hijau

Jika Anda suka minum teh, coba teh hijau yang sangat kaya asam amino L-theanin. Teh hijau membantu tubuh memproduksi komponen pelawan kuman di sel-sel tubuh kita. Sebisa mungkin, pilihlah teh hijau organik untuk menghindari obat kimia seperti pestisida.

3. Bayam

Anda ingat Popeye si pelaut yang menjadi kuat dengan mengonsumsi bayam? Yap,,! Bayam  banyak mengandung antioksidan yang sangat baik dalam membantu tubuh untuk melawan efek negatif perubahan cuaca. Akan tetapi, hindari memasak bayam hingga terlalu matang agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Anda juga bisa mengonsumsi daun bayam muda segar sebagai salad.

4. Brokoli

Brokoli mengandung banyak phytonutrient yang kaya sulfur yang dapat menstimulasi produksi antioksidan alami. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang membantu sistem antobodi bekerja lebih maksimal.

Sama halnya dengan bayam, lebih baik jangan memasak brokoli hingga benar-benarlayu. Brokoli cukup di kukus atau di rebus dalam air mendidih selama lima menit sebelum di konsumsi, hal itu akan menjaga keutuhan nutrisi dalam brokoli.

5. Labu Kuning

Warna kuning pada labu menandakan adanya kandungan antioksidan dan beta-carotene yang bekerja sangat baik dalam melawan bakteri. Ada banyak cara dalam mengonsumsi labu, baik itu dalam kolak, sebagai sayur atau pure.

Tips ekstra untuk menghindari penyakit ketika Musim Hujan Tiba


 
1. Jangan meremehkan cuci tangan. 

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air sangat efektif dalam mencegah berbagai jenis penyakit. Ketahui 7 langkah cuci tangan yang benar untuk membantu Anda mempersiapkan perubahan cuaca.

2. Berolah raga secara teratur.

Musim hujan bukan berarti Anda berhenti berolahraga. Olahraga minimal tiga jam seminggu dapat membantu tubuh bekerja optimal secara keseluruhan.

3. Jangan tidur terlalu larut.

Tubuh memperbarui sel-sel tubuh ketika kita sedang tidur, inilah pentingnya Anda mendapatkan jam tidur yang cukup, yaitu antara 7 - 9 jam dalam sehari. Hindari menggunakan perangkat pintar 2 jam sebelum tidur karena cahaya dari layar akan menstimulasi otak dan menjadikan Anda sulit tidur.

4. Hindari stres. 

Bukan rahasia lagi bahwa stres yang tidak terkendali dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda merasa stres berat, cobalah yoga, meditasi, atau berkumpul dengan keluarga atau teman, carilah tempat untuk bercerita dan mencurahkan isi hati.

Superfood bukan berarti makanan mahal atau impor, seperti yang telah kami buktikan di daftar di atas, banyak orang menganjurkan kita untuk membeli tablet multivitamin dalam menjaga kekebalan tubuh.

Padahal, mayoritas orang tidak membutuhkannya, kecuali atas anjuran dokter. Anda hanya di perlukan mengonsumsi makanan sehat untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup. 

Cara menghindari jatuh sakit saat musim hujan tiba pun sebenarnya juga tidak sulit, Anda cukup mengikuti pola hidup yang sehat, misalnya mengonsumsi makanan kaya nutrisi, menerapkan7 langkah cuci tangan, dan berolah raga secara teratur, niscaya kekebalan tubuh tidak menurun dan Anda bisa melewati pergantian musim secara sehat walafiat.

Bagaimana, tips yang sehat bukan,,?

Semoga bermanfaat dan terima kasih
 

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape